Satu sistem untuk kelola operasional dan finansial bisnis Anda
Pantau dua aspek penting bisnis Anda secara real-time untuk ambil keputusan bisnis lebih tepat dengan software akuntansi online
Mekari Jurnal.
Mengapa bisnis memilih Mekari Jurnal

Tingkatkan efisiensi bisnis hingga 35%
Automasi dan integrasi pencatatan keuangan, manajemen pembayaran, hingga supply chain untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Buat laporan keuangan 50% lebih cepat
Sentralisasi dan sinkronisasi data dari berbagai sumber dan rekonsiliasi keuangan otomatis memastikan laporan yang lebih cepat dan akurat.

Maksimalkan pertumbuhan segala jenis industri
Integrasi software produksi, POS, bank, e-commerce, omnichannel, dan 70+ platform lain untuk memenuhi kebutuhan operasional berbagai industri.
Solusi terbaik untuk setiap aspek operasional bisnis
Mekari Jurnal menyediakan berbagai solusi dari hulu ke hilir–mulai dari keuangan, akuntansi, pajak, dan operasional supply chain.

Akuntansi & keuangan

Faktur & pembayaran

Supply chain & produksi

Inventaris, gudang, & fulfillment

Laporan & analisis
Keuntungan menggunakan software akuntansi online Mekari Jurnal

Interface sederhana
Kelola keuangan bisnis lebih efektif dengan interface yang mudah dan user-friendly.

Berbasis cloud
Operasionalkan bisnis kapan saja, di mana saja dengan teknologi cloud yang aman.

Kolaborasi optimal
Kolaborasi tim keuangan, operasional, dan manajemen dalam satu ekosistem terpadu.

Dukungan layanan pelanggan
Pendampingan dan dukungan after-sales gratis untuk kelancaran implementasi.

Jaminan keamanan data
Mekari Jurnal memastikan keamanan data dengan sertifikasi global ISO 27001 dan ISO 9001:2015.

Integrasi lancar
Dukung kelancaran alur kerja dengan integrasi 70+ aplikasi pihak ketiga.
Dukungan integrasi dengan 70+ solusi digital untuk optimalkan efisiensi operasional bisnis
Hubungkan Mekari Jurnal dengan berbagai software POS, bank, e-commerce, omnichannel, hingga aplikasi pajak untuk memudahkan entri data, rekonsiliasi, pembayaran, hingga pelaporan pajak.
Bagaimana Mekari Jurnal mengembangkan bisnis berbagai industri
Optimalkan proses produksi dengan automasi dan sistem terintegrasi
-
Bill of materials dan work order digital
Pencatatan sistematis untuk penyusunan bahan baku, proses produksi, hingga informasi produk jadi.
-
Production planning tracker
Buat panduan produksi dan pantau prosesnya dengan fitur work order.
-
Input otomatis data barang jadi
Hitung biaya kedatangan, biaya produksi, hingga biaya pengemasan otomatis di sistem inventaris.

“Jika dibandingkan dengan sebelum memakai Mekari Jurnal memang jauh berbeda, transaksi lebih teratur dan akurat sehingga meminimalkan terjadinya kesalahan saat pembukuan dibandingkan dengan pencatatan secara manual sebelum pakai sistem.”
Laporan cepat dan akurat untuk perencanaan restock lebih tepat
-
Manajemen stok
Pantau dan atur limit stok untuk memudahkan tim purchasing membuat rencana pengadaan yang efisien.
-
Pembukuan otomatis
Proses otomatis meminimalkan terjadinya human error saat input data di laporan keuangan.
-
Analisis laba rugi dengan AI
Dapatkan ringkasan performa bisnis dan rekomendasi strategi untuk optimalkan keuangan dengan analisis instan AI.

“Fitur multi-warehouse, memudahkan BARDI melihat pergerakan barang secara jelas, seperti berapa banyak produk yang sedang transit, dikirim ke pelanggan hingga jumlah produk yang ada di gudang cabang saat ini.”
Kelola Stok & Distribusi barang dengan Lebih Cerdas
-
Analisis operasional bisnis
Analisis mendalam untuk bisnis distribusi dengan laporan inventory turnover, profitabilitas, dan fill rate, membantu optimasi stok dan margin keuntungan.
-
Kecanggihan manajemen produk
Kelola varian produk, batch, dan nomor seri dengan sistem terintegrasi untuk memastikan akurasi stok dan pelacakan yang lebih baik untuk stok barang yang masuk maupun keluar.
-
Multi-gudang dan lokasi penyimpanan terintegrasi
Atur stok di berbagai gudang dan detail lokasi penyimpanan dengan visibilitas penuh, memastikan efisiensi distribusi dan ketersediaan produk.

“Perusahaan kita paling sering menggunakan menu akuntansi, cash and bank, penerimaan dari customer, inventory, gudang, dan laporan keuangan. Jadi memang digunakan proses awal sampai akhir, dari menu purchase, pembelian, kemudian operasional untuk stock opname. Laporan neraca dan laporan laba rugi juga kita pakai setiap hari. Fitur-fitur Mekari Jurnal sangat membantu operasional perusaaan saya dan tim saya.”
Pastikan data penjualan akurat dengan sistem yang terintegrasi
-
Integrasi POS
Sinkronisasi otomatis data transaksi dari POS ke Mekari Jurnal untuk mengurangi kesalahan input data.
-
Siklus konversi produk komprehensif
Pantau stok bahan baku, catat proses konversi ke barang jadi, dan hitung HPP di satu sistem.
-
Bank statement
Hubungkan bank Anda untuk rekonsiliasi transaksi lebih mudah dan visibilitas arus kas secara real-time.

“Eatlah tidak perlu menghabiskan 1-2 hari kerja hanya untuk membuat laporan keuangan secara manual, karena proses diselesaikan secara otomatis dari aplikasi (Mekari Jurnal).”
Tingkatkan Profit & Efisiensi Layanan Profesional
-
Proses penjualan & piutang terintegrasi
Kelola transaksi penjualan dari penawaran hingga pembayaran dengan sistem yang terorganisir. Adanya pengiriman faktur otomatis, pengingat pembayaran, dan join invoice memudahkan operasional bisnis.
-
Penerimaan pembayaran otomatis
Kemudahan pelanggan untuk membayar faktur dengan berbagai macam metode pembayaran menggunakan Mekari Pay gratis. Seluruh penerimaan pembayaran direkonsiliasi secara otomatis untuk memastikan akurasi dan efisiensi pencatatan keuangan.
-
Kontrol pengeluaran dengan cerdas
Kendalikan biaya operasional dengan pencatatan pengeluaran yang terstruktur, mempermudah pelacakan dan analisis profitabilitas layanan.

“Jurnal ini sangat membantu dalam segi monitoring, track sales dan laporan-laporan semua di satu platform. Gambaran besar dari bisnis, terutama masalah keuangannya, semua ada di dasboardnya Jurnal. Jurnal membuat semua sistem finance dan sales kita jadi seamless dalam satu software.”
Apa itu Mekari Jurnal?
Mekari Jurnal adalah software akuntansi online untuk pengelolaan manajemen akuntansi, keuangan, pembukuan, manajemen stok barang dan operasional bisnis.
Apa saja solusi yang bisa di berikan oleh Mekari Jurnal?
Berikut beberapa keuntungan bagi Anda dengan adanya solusi dari Mekari Jurnal.
- Memudahkan pekerjaan pemilik usaha: Fitur dari Mekari Jurnal dapat memproses kegiatan pencatatan dan perhitungan transaksi bisnis yang lebih efisien, cepat, instan, serta memudahkan untuk di akses.
- Menghemat biaya sistem keaungan perusahaan: Mekari Jurnal dapat digunakan dengan biaya yang lebih terjangkau sehingga lebih menguntungkan dibandingkan dengan tenaga dan biaya manual.
- Optimalisasi SDM: Anda tidak perlu banyak tenaga ahli akuntan untuk bisnis, Anda tidak harus paham penggunaan rumus-rumus akuntansi dalam pemakaiannya.
- Automasi: Proses pembukuan yang otomatis dan lebih aman dengan minim resiko kesalahan hitung manusia seperti yang terjadi dalam proses manual.
- Efisiensi: Sistem dapat mengumpulkan seluruh pendataan perusahaan sehingga semua menjadi satu tempat, lebih mudah dikontrol dan diawasi.
- Kemanan Data dan Kontrol: Meakri Jurnal memberikan solusi untuk perlindungan data yang lebih erpusat dan terkontrol, data yang lebih aman dibandingkan dengan sistem.
Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh software akuntansi, lihat semua solusi dan fitur Mekari Jurnal.
Apa perbedaan software akuntansi online seperti Mekari Jurnal vs software offline?
- Software akuntansi offline di install di komputer, bisa dijalankan tanpa terhubung ke internet. Tetapi untuk mendapatkan data yang real-time dan akurat membutuhkan update data secara manual.
- Sedangkan akuntansi online harus terhubung ke internet untuk mendapat data terbaru, laporan data yang terintegrasi sehingga dapat diakses secara real-time kapan saja dan di mana saja, melalui perangkat komputer atau perangkat Android atau iOS. Tidak harus di instal atau dipasang di komputer, sehingga membuat proses akuntansi semakin ringan karena berbasis Web Base (Cloud). Koneksi internet dan kebutuhan olah informasi secara cepat sangat dibutuhkan perusahaan untuk selalu memonitor bisnis secara akurat.
Mengapa harus menggunakan software keuangan yang asli?
Terdapat banyak software bajakan yang bisa digunakan, tetapi tentu saja kemanan data bisa jadi taruhannya. Software tidak resmi juga rawan kesalahan, tidak memiliki tim support untuk bertanya yang justru akan merugikan bisnis Anda.
Penggunaan software asli menjamin kualitas pekerjaan, jauh dari masalah keamanan data, halal dan legal.
Apakah sistem Mekari Jurnal terjamin keamanannya?
PT Jurnal Consulting Indonesia adalah perusahaan resmi, tersertifikasi dan legal. Data perusahaan dan sistem keamanan Jurnal sangat ketat, data konsumen dan pengguna Jurnal sangat dilindungi dengan fitur:
- Software telah tersertifikasi ISO 27001
- Data Anda tersimpan dengan memakai metode encryption AES-256
- Data komunikasi ter-encrypt dengan SSL menggunakan sertifikat 2048-bit
- Akses data-data administratif dan karyawan yang terstuktur dan terorganisir
- Terdaftar di Kominfo Indonesia
- Integrasi KlikPajak yang terdaftar atas nama PT Jurnal Consulting di Pajak.go.id
Bagaimana cara memulai menggunakan aplikasi Mekari Jurnal?
Daftar sekarang dan login ke sistem website Jurnal.id, atau install aplikasi Mekari Jurnal di Google Play dan App Store.
GRATIS untuk free trial!
Tidak perlu melakukan download software Mekari Jurnal untuk komputer. Gunakan browser Anda dan langsung gunakan di browser (web base), atau dapatkan dan Install aplikasinya di gadget Android dan iOS Anda.

Solusi tepat untuk akselerasikan bisnis lebih pesat
Mekari Jurnal mempermudah operasional dan finansial bisnis agar Anda fokus pada perkembangan dan pengambilan keputusan lebih baik.