Daftar Isi
5 min read

SEM vs SEO, Ketahui Apa Saja Perbedaan dan Manfaatnya

Tayang 20 Feb 2025

SEO dan SEM menjadi dua pilar yang tidak terpisahkan dalam dunia pemasaran yang berkembang semakin digital.

Keduanya merupakan tools yang berbeda namun saling berkaitan dalam implementasinya.

Jadi, mana yang lebih efektif untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital Anda?

Mari kita ulas selengkapnya dalam artikel dari Mekari Jurnal berikut ini.

Search Engine Marketing VS Search Engine Optimization

Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di halaman hasil pencarian mesin telusur, seperti Google (SERP).

Baik SEM dan SEO sama-sama bertujuan untuk meningkatkan visibilitas online dan pengenalan merek (brand awareness).

SEM mencakup teknik SEO dan juga beberapa teknik marketing lainnya.

Selain mengoptimalkan untuk mesin telusur, SEM juga menyertakan penggunaan penelusuran berbayar sebagai komponen utamanya.

Beberapa contohnya seperti daftar bayar per klik atau Pay Per Click (PPC) dan iklan semacam Google Ads.

Jadi sebagian besar berbentuk kampanye (iklan) dan kegiatan PPC. Jika Anda melakukan SEO, maka hal tersebut juga termasuk upaya SEM.

Search Engine Optimization diartikan sebagai suatu proses optimasi terhadap website dengan segala aspeknya seperti konten, sistem, dan lainnya.

Tujuannya adalah supaya dapat menduduki peringkat tinggi di mesin telusur seperti Google.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung atau traffic yang tinggi pada website dan lebih banyak calon pelanggan potensial, maka SEO merupakan salah satu cara yang penting untuk dilakukan.

Sebenarnya, SEO adalah komponen dari kategori yang lebih besar yaitu SEM.

Hukum dan aturan tidak tertulis pada SEO memang terus berubah mengikuti perubahan algoritma mesin telusur secara terus menerus.

Dengan kata lain, pada dasarnya SEO dan SEM tidak memiliki perbedaan yang mendasar, Jika SEO hanya mengandalkan keywords agar website Anda dapat dijangkau oleh pengguna mesin pencari, maka SEM bertugas untuk memaksimalkan kinerja SEO.

Baca Juga: Digital Marketing : Pengertian dan Jenis Strategi Penerapan Bisnis

Manfaat Search Engine Marketing (SEM)

Menggunakan iklan berbayar dalam Search Engine Marketing (SEM) memiliki berbagai keuntungan untuk memperoleh konsumen baru, antara lain:

1. Visibilitas yang Tepat Sasaran

SEM memastikan website Anda muncul di posisi yang strategis pada hasil pencarian mesin telusur, sehingga lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Kecepatan dan Efektivitas

Dengan SEM, hasil dapat dicapai lebih cepat karena iklan ditargetkan langsung pada pengunjung yang sudah menunjukkan minat terhadap produk atau layanan serupa, meningkatkan peluang konversi.

3. Kontrol Anggaran dan Waktu yang Fleksibel

SEM memberikan kemudahan dalam mengatur anggaran dan jangka waktu kampanye iklan sesuai kebutuhan.

Anda dapat menyesuaikan biaya dan durasi kampanye agar lebih efektif.

Baca Juga: Memanfaatkan Iklan Gratis untuk Meningkatkan Penjualan

4. Pencapaian Target yang Lebih Tepat

Dengan targeting yang lebih relevan dan spesifik, SEM mempermudah pencapaian target pasar yang tepat.

Hal ini akan meningkatkan kualitas traffic dan membuka peluang untuk meraih keuntungan yang lebih besar.

5. Jangkauan yang Lebih Luas

SEM memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan di berbagai lokasi, bukan hanya terfokus pada satu area saja.

Ini memperluas cakupan pasar Anda secara signifikan.

6. Kontrol yang Lengkap

SEM memberi Anda kendali penuh terhadap kampanye, mulai dari pemilihan jenis iklan, keyword yang digunakan, hingga pengaturan timeline dan anggaran.

Dengan demikian, Anda bisa mengoptimalkan strategi promosi untuk hasil terbaik.

7. Meningkatkan Tingkat Konversi

SEM membantu meningkatkan percakapan dengan pengunjung yang relevan.

Semakin relevan target pasar yang dijangkau, semakin tinggi tingkat konversi yang dapat dicapai.

Baca Juga: 8 Tips Meningkatkan Konversi di Dunia Digital Marketing

Manfaat Search Engine Optimization (SEO)

Mengadopsi Search Engine Optimization (SEO) dalam pemasaran digital tidak banyak mengeluarkan biaya, bahkan bisa saja tanpa modal.

Namun, strategi SEO membutuhkan waktu untuk melihat keberhasilannya tidak seperti SEM yang cenderung lebih instan.

Beberapa manfaat lainnya selain biaya yang terjangkau adalah:

1. Meningkatkan Trafik yang Relevan

Manfaat utama SEM adalah meningkatkan trafik yang berkualitas.

Dengan menggunakan SEM, website Anda akan muncul di posisi yang strategis pada halaman hasil pencarian mesin telusur, seperti Google.

Ini memudahkan pengunjung yang relevan untuk menemukan website Anda, yang pada gilirannya meningkatkan peluang untuk memperoleh calon konsumen potensial yang lebih banyak dan akhirnya dapat menjadi pelanggan setia.

Baca Juga: Perbedaan Online Marketing dan Digital Marketing, Apa Saja?

2. Mendapatkan Data Konsumen Secara Efisien

SEM memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data pengunjung secara efisien dan gratis.

Data konsumen ini sangat berharga untuk menghubungi mereka langsung dan menawarkan promosi atau informasi produk baru.

Dengan data yang akurat, Anda dapat menyesuaikan strategi pemasaran untuk mencapai audiens yang lebih tepat sasaran.

3. Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)

SEM berperan penting dalam meningkatkan brand awareness.

Dengan kampanye SEM yang efektif, semakin banyak orang yang mengenali dan mengingat merek Anda.

Brand yang dikenal dengan baik cenderung meningkatkan tingkat konversi, karena konsumen lebih cenderung membeli produk yang mereka kenal dan percaya.

Hal ini juga mendorong mereka untuk mempromosikan merek Anda kepada orang lain.

Baca juga: Peran Bisnis dan Digital di Indonesia, Bagaimana Memulainya?

Kesimpulan

Informasi di atas diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi Anda para pelaku bisnis digital yang mungkin pernah mendengar istilah SEM dan SEO namun kurang memahami apa perbedaan antara keduanya.

Jadi, bagaimana? Apakah saat ini Anda sudah menentukan akan menjalankan SEM, SEO atau keduanya?

Anda dapat menjalankan keduanya secara beriringan, karena keduanya sama-sama penting.

Namun, perihal waktu memulai yang mana terlebih dahulu, penting bagi Anda untuk mengevaluasi kebutuhan bisnis Anda secara spesifik.

Agar Anda lebih fokus pada strategi dan perencanaan pengembangan bisnis, manfaatkan penggunaan software akuntansi online seperti Mekari Jurnal.

Dengan menggunakan dukungan teknologi terkini, pengelolaan keuangan bisnis akan lebih mudah dan akurat. Coba sekarang juga!

Konsultasi dengan Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

 

Referensi:

Backlinko, “SEO vs. SEM: What’s The Difference?”.

Ahrefs, “SEO vs. SEM: What’s The Difference”.

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami