Software inventaris

Fitur praktis & beragam dari aplikasi inventaris barang

Semua lebih efisien dengan sistem manajemen inventaris berbasis web, semakin mudah dalam pencatatan aset barang perusahaan, kantor, hingga sekolah serta mampu mengelola banyak aset sekaligus.

Daftar isi

Apa itu aplikasi inventaris barang?

Aplikasi inventaris barang adalah software manajemen untuk mengelola pencatatan barang inventaris perusahaan, kantor, bisnis hingga sekolah.

CONTENT HIGHLIGHTS
  1. Integrasi teknologi canggih untuk pelacakan real-time: Sebuah aplikasi inventaris sangat membantu dalam memanfaatkan teknologi seperti RFID, barcode, dan QR Code untuk pelacakan barang secara cepat.
  2. Fitur monitoring stok dan pembaruan otomatis: Fitur monitoring aplikasi inventaris membantu bisnis menghindari kehabisan barang penting dengan memberikan notifikasi saat jumlah stok mencapai batas minimum dan perlu penambahan.
  3. Cloud computing: Banyak aplikasi inventaris kini berbasis cloud, memungkinkan akses data dari berbagai perangkat kapan saja dan di mana saja, sangat pentring bagi usaha.
  4. Integrasi sistem: Integrasi aplikasi inventaris dengan sistem lain, seperti akuntansi dan manajemen aset, meningkatkan efisiensi operasional.

Implementasi aplikasi inventaris dengan fitur-fitur tersebut dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional dan akurasi data dalam pengelolaan persediaan barang.

Coba Gratis software akuntansi online Mekari Jurnal

Apa saja yang termasuk di dalamnya bisa di lihat adalah contoh daftar inventaris ini.

11 Aplikasi inventaris barang berbasis web

Mengapa harus aplikasi berbasis web? Karena sistem yang berbasis web biasanya dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Aplikasi inventaris berbasis web umumnya memiliki aplikasi yang bisa di download di Google Play dan Apple Store. Fitur ini akan memudahkan pengguna dalam monitoring bisnis karena bisa di lakukan dalam komputer desktop, laptop, table hingga handphone.

Lalu apa saja aplikasi inventaris terbaik yang bisa Anda gunakan? Berikut pilihannya:

1. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal merupakan salah satu aplikasi inventaris terbaik di Indonesia yang dirancang untuk membantu bisnis memantau ketersediaan produk di berbagai gudang. Aplikasi ini menawarkan fitur manajemen inventaris berbasis real-time sehingga mempermudah Anda melacak barang terlaris dan memahami struktur biaya secara rinci.

Kelebihan
  • Manajemen stok otomatis: Manajemen stok dengan fitur otomatisasi membantu menghilangkan kebutuhan rekonsiliasi manual.
  • Fleksibilitas dalam manajemen strategi produk seperti pengaturan harga produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasar.
  • Pusat pengelolaan inventaris terintegrasi dalam memastikan perhitungan akurat di setiap gudang.
Kekurangan
  • Harga bukan yang termurah untuk UKM pemula
Fitur unggulan
  • Memiliki banyak fitur dalam manajemen inventaris dan barang seperti data terlaris, dapat menyesuaikan stok otomatis, real-time monitoring, dan strategi marketing seperti pengaturan harga barang.

Aplikasi ini cocok untuk bisnis yang ingin mendapatkan data inventaris secara detail dan akurat tanpa proses yang rumit. Tertarik untuk mencoba? Silahkan coba gratis aplikasi Mekari Jurnal sekarang.

2. NetSuite

NetSuite adalah aplikasi inventaris berbasis cloud yang populer di Indonesia. Solusi ini menyediakan berbagai fitur yang mencakup pencatatan rinci aset hingga pelacakan inventaris secara real-time. NetSuite dirancang untuk meningkatkan efektivitas manajemen inventaris bisnis.

Kelebihan
  • Sistem mudah di integrasikan.
  • Opsi kustomisasi untuk memenuhi kebutuhan spesifik bisnis.
  • Kemampuan menangani berbagai skala bisnis.
Kekurangan
  • Biaya implementasi yang relatif tinggi untuk UKM.
Fitur unggulan
  • Cycle Counting untuk memudahkan perhitungan stok berkala. Stock Tracing untuk pelacakan stok secara menyeluruh dan ada Replenishment untuk memastikan barang selalu tersedia, termasuk Warehousing sebagai sistem gudang terintegrasi.

3. SAP

SAP merupakan salah satu aplikasi inventaris terkemuka yang menawarkan efisiensi tinggi dalam pencatatan dan pelacakan aset. Terintegrasi dengan sistem SAP ERP, aplikasi ini mempermudah perusahaan dalam mengoptimalkan pengadaan dan pengelolaan stok.

Kelebihan
  • Mudah dipelajari meski memiliki fitur yang kompleks.
  • Cocok untuk perusahaan besar yang membutuhkan laporan terperinci.
  • Fitur manajemen inventaris dan pergerakan barang lengkap untuk usaha modern.
Kekurangan
  • Biaya implementasi yang cukup mahal.
Fitur unggulan
  • Software ini cukup lengkap dengan adanya fitur pengelolaan inventaris dan pergerakan barang yang terintegrasi dengan e-commerce dan juga report yang komprehensif.

4. Vend

Vend adalah aplikasi berbasis cloud yang dirancang untuk membantu bisnis dalam pengelolaan stok, pelacakan inventaris, dan pemantauan aset. Aplikasi ini sangat fleksibel dan dapat dioperasikan pada berbagai perangkat.

Kelebihan
  • Berbasis cloud sehingga kompatibel dengan banyak perangkat.
  • Dukungan telepon tersedia 24 jam.
  • Fitur lengkap untuk manajemen pengelolaan stok, pelacakan inventaris dan aset.
Kekurangan
  • Dukungan telepon memerlukan biaya tambahan untuk versi tertentu.
Fitur unggulan
  • Ada beberapa fitur unggulan seperti pembaca barcode, optimisasi inventory dan manajemen multi-channel.

5. Total ERP

Total ERP adalah aplikasi inventaris yang kuat dengan berbagai fitur untuk mengelola stok, pelacakan barang, dan prediksi kebutuhan. Aplikasi ini cocok untuk bisnis yang memerlukan sistem inventaris yang terintegrasi.

Kelebihan
  • Unlimited user tanpa biaya tambahan.
  • Keamanan data terjamin dengan sertifikasi ISO.
  • Dukungan pelanggan 24/7.
Kekurangan
  • Durasi implementasi bergantung pada tingkat penyesuaian sistem.
Fitur unggulan
  • Prediksi stok yang lebih akurat, pencatatan stok otomatis dan memiliki pelacakan RFID dan barcode.

6. Odoo

Odoo adalah platform ERP yang mendukung manajemen inventaris secara terintegrasi. Dengan berbagai modulnya, Odoo membantu bisnis dalam mengelola stok, memantau aset, hingga melakukan audit hukum.

Kelebihan
  • Sistem open-source dengan fleksibilitas tinggi.
  • Integrasi dengan berbagai fungsi bisnis lain.
Kekurangan
  • Beberapa modul memerlukan pengaturan yang rumit.
Fitur unggulan
  • Database inventaris terpusat, pelaporan riwayat stok dan memiliki dasbor level inventaris.

7. Fishbowl

Fishbowl adalah aplikasi inventaris yang menawarkan solusi komprehensif untuk pencatatan, pelacakan, dan pengelolaan stok. Aplikasi ini dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengelola inventaris secara efisien.

Kelebihan
  • Antarmuka yang ramah pengguna.
  • Dukungan pelanggan responsif.
Kekurangan
  • Harga implementasi cukup mahal dan kustomisasi fitur terbatas.
Fitur unggulan
  • Pelacakan level inventaris secara real-time, integrasi akuntansi dengan QuickBooks, laporan performa inventaris.

8. Inflow Inventory

Inflow Inventory memudahkan bisnis dalam memantau stok, melakukan pengadaan barang, dan melacak persediaan dengan mudah. Aplikasi ini juga mendukung integrasi dengan sistem manajemen lainnya.

Kelebihan
  • Layanan pelanggan yang baik.
  • Integrasi dengan berbagai platform.
Kekurangan
  • Beberapa fitur tambahan memerlukan biaya ekstra.
Fitur unggulan
  • Peringatan stok rendah, analitik performa inventaris, antarmuka yang intuitif.

9. NetStock

NetStock adalah aplikasi inventaris berbasis cloud yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola persediaan secara otomatis. Aplikasi ini sangat cocok untuk perusahaan yang ingin mengurangi biaya kelebihan stok.

Kelebihan
  • Mengurangi stok berlebih dan kekurangan stok.
  • Mudah diintegrasikan dengan sistem lain.
Kekurangan
  • Kurva pembelajaran yang cukup tinggi bagi pengguna baru.
Fitur unggulan
  • Proses otomatis untuk perencanaan persediaan dan dasbor laporan inventaris terpusat.

10. Veeqo

Veeqo adalah solusi inventaris yang mempermudah perusahaan dalam memantau stok lintas saluran penjualan. Aplikasi ini sangat cocok untuk bisnis e-commerce.

Kelebihan
  • Antarmuka yang ramah pengguna.
  • Kontrol inventaris yang kuat.
Kekurangan
  • Dukungan pelanggan yang dapat di tingkatkan.
Fitur unggulan
  • Memiliki sinkronisasi stok multi-channel dan histori audit stok.

11. Stockpile

Stockpile menyediakan laporan inventaris yang informatif, membantu bisnis menganalisis tren permintaan dan kebutuhan persediaan di masa depan.

Kelebihan
  • Online inventory management yang tersedia versi gratis.
  • Antarmuka intuitif dan mudah digunakan.
Kekurangan
  • Tidak mendukung integrasi dengan sistem lain.
Fitur unggulan
  • Pelacakan inventaris secara real-time dan laporan analitik persediaan.

Apa manfaat software inventaris?

Manfaat dan fungsi sistem inventaris adalah untuk memudahkan operasional bisnis supaya lebih mudah di monitor dan dikelola yang kemudian membuat bisnis lebih praktis dan efisien.

Pentingnya alat manajemen inventori

Sistem manajemen barang modern memungkinkan pengelolaan barang bisa dilakukan lebih cepat, akurat dan akses data secara real-time. Perusahaan yang memerlukan data dalam pencatatan barang atau produk, akan memerlukan alat yang bisa di andalkan, bekerja dengan  minim kesalahan dan labih murah. Contoh dalam urusan serah terima barang inventaris yang memerlukan ketelitian yang tinggi.

Bisa dipastikan sebuah perusahaan saat ini sudah memerlukan sistem digital untuk manajemen barang dan inventaris mereka, dan Anda bisa mencoba solusi ini di Mekari Jurnal.

Ada kemungkinan masalah yang akan timbul jika barang inventaris tidak dikelola secara baik seperti:

  1. Tidak adanya data akurat tentang total barang yang dimiliki
  2. Tidak dapat mengawasi ketersediaan barang secara cepat
  3. Kelebihan dan kekurangan stok
  4. Kesalahan pencatatan yang sering terjadi dengan sistem manual
  5. Sulit menentukan barang mana yang sering keluar masuk
  6. Tidak bisa cepat memutuskan strategi bisnis dari data inventaris

Fitur wajib sebuah aplikasi inventaris

Fitur yang ada harus bisa menyelesaikan masalah dan membantu perusahaan atau kegiatan tergiatan manajemen barang dan inventaris, apa saja yang harus bisa di kerjakan oleh sebuah software inventaris:

  1. Pencatatan data barang yang akurat: Sistem yang modern harus bisa mempercepat proses pencatatan data dan informasi inventaris.
  2. Memantau keluar masuk barang dengan tepat: Fitur wajib sistem ini harus bisa memantau seluruh keluar masuk barang dan stok secara cepat dan real-time.
  3. Manajemen data posisi & lokasi barang: Pentingnya pendataan barang secara mendetailm dari tanggal masuk atau keluar, jumlah, spesifikasi barang hingga lokasi penyimpanan, dari info gudang, ruang hingga baris dalam lemari barang invetaris.
  4. Sistem pemberitahuan yang informatif: Sering kali barang invetaris keluar dari gedung perusahaan dengan laporan yang kurang mendetail. Untuk memperkecil efek buruk dari sistem pendataan yang kurang detail, kita perlu adanya sebuah sistem yang dapat memberiktahukan posisi dan status barang invetaris jika sudah waktunya mendapatkan tindakan.
  5. Fitur integrasi dengan modul lain: Fitur yang membantu Anda dalm berbagai area dalam bisnis, seperti membantu Anda mengelola barang inventaris juga sekaligus dapat mengelola laporan keuangan perusahaan.

Sudah siap mengelola usaha yang lebih cepat akurat dan efisien? Saatnya menggunakan sistem modern seperti Mekari Jurnal untuk mengelola inventaris usaha Anda.

Coba Gratis software akuntansi online Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami