Daftar Isi
6 min read

Invoice Digital untuk Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Perbedaan

Tayang 18 Jan 2022
Diperbarui 25 Mar 2025
Key Highlights
  • Invoice digital adalah dokumen tagihan elektronik yang mencatat transaksi dalam bentuk digital.
  • Perkembangan teknologi telah mengubah proses pembuatan dokumen penagihan, yang awalnya berbentuk kertas dan harus menunggu waktu beberapa saat agar invoice dikirim, invoice digital hadir untuk mempermudah proses transaksi bisnis.
  • Manfaat invoice digital di antaranya adalah proses lebih cepat, hemat biaya, manajemen keuangan lebih rapi, dan profesional.

Invoice digital untuk bisnis telah mengubah proses transaksi lebih modern dan efektif.

Dalam menjalankan bisnis, faktur atau invoice adalah salah satu dokumen penting yang harus Anda miliki. Di mana, invoice harus Anda berikan kepada pelanggan saat melakukan jual-beli produk. Di era digital seperti saat ini, invoice biasanya dibuat dan diberikan secara online atau digital.

Selain itu, invoice digital dapat membantu Anda mempermudah tugas Anda maupun bagian keuangan dalam menjalankan bisnis, serta juga bisa menjadi salah satu investasi besar bagi bisnis Anda.

 

Apa Itu Invoice Digital untuk Bisnis?

Invoice digital adalah faktur elektronik yang berisikan tagihan atau transaksi yang terjadi pada bisnis.

Selain itu, sebagai dokumen tagihan elektronik, invoice digital menawarkan fleksibilitas dan integrasi yang lebih baik dalam transaksi bisnis.

Dibuat, dikirim, dan diterima tanpa kertas, invoice ini dapat diakses melalui berbagai platform digital seperti perangkat lunak akuntansi, aplikasi keuangan, dan sistem cloud, memungkinkan otomatisasi proses dan pelaporan keuangan yang akurat.

Apa Manfaat Invoice Digital untuk Bisnis?

Dikutip dari Forbes, peraturan tentang penetapan invoice digital untuk bisnis, terutama transaksi B2B di Eropa akan ditetapkan tahun ini. Tentu saja, peraturan ini akan mempengaruhi proses bisnis, tidak hanya di Eropa, tetapi juga seluruh dunia. Peralihan penggunaan invoice dari manual ke digital tentu tidak mudah, tapi invoice digital dapat membantu bisnis berjalan lebih baik lagi. 

Berikut adalah beberapa manfaat invoice digital atau faktur online.

Manajemen yang Lebih Baik

Untuk mengelola bisnis dengan baik, Anda harus memiliki sistem yang efisien dalam membuat, mengirim, ataupun melacak invoice perusahaan, apakah invoice sudah ataupun belum dibayar?

Melalui faktur atau invoice digital, Anda tidak perlu repot lagi saat mengelola invoice, Anda dapat lebih mudah membuat dan mengirim invoice kapan pun dan di manapun, juga lebih mudah saat melakukan pelacakan invoice.

Dengan menggunakan invoice, Anda juga tidak perlu lagi mencari satu per satu invoice yang belum dibayar pelanggan.

Bisnis Lebih Profesional

Anda akan merasa sulit ketika harus mencari invoice satu per satu untuk memastikan apakah pelanggan sudah atau belum membayar tagihannya.

Mungkin Anda bisa lebih cepat dengan menanyakan langsung kepada pelanggan tentang tagihan tersebut. Namun, hal itu akan membuat bisnis Anda dipandang buruk oleh pelanggan.

Mereka mungkin bisa berpikir “Apakah Anda bisa memenuhi target jika melacak invoice aja tidak bisa?”.

Dengan invoice digital, Anda dapat melihat apakah invoice telah dikirim, telah dibayar, ataupun belum dilakukan penagihan.

Bukan hanya itu, invoice online biasanya juga menyediakan fitur ‘reminder’ yang dapat memastikan Anda mengirimkan email penagihan terhadap pelanggan sebelum ataupun setelah tanggal jatuh tempo.

Baca juga: Kenali Jenis dan Contoh Invoice yang Penting untuk Bisnis

Mendapat Insight Baru

Pernahkah Anda tahu berapa banyak uang yang Anda dapatkan tahun lalu? Siapa pelanggan yang melakukan pembayaran lebih cepat?

Berapa banyak pelanggan yang menggunakan metode pembayaran kredit? Berapa rata-rata uang yang dikeluarkan pelanggan selama setahun?

Data-data inilah yang bisa Anda dapatkan melalui invoice online atau digital tanpa perlu bantuan analis ataupun konsultan keuangan.

Dengan mengetahui seluruh informasi tersebut, Anda dapat lebih mudah membuat strategi bisnis untuk mengembangkan bisnis.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Mekari Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Jejak Audit Lebih Lengkap

Dengan menggunakan invoice digital, Anda tidak perlu lagi repot ketika ada audit dadakan. Karena, seluruh data invoice akan tersimpan dengan rapi di dalam sistem yang ada.

Anda juga dapat melakukan tracking terhadap invoice kapan saja dan di mana saja tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Data tentang kapan invoice dikirim, apakah invoice sudah dibayar tepat waktu bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan invoice online.

Baca juga: 6 Hal yang Dapat Mempermudah Cara Membuat Invoice

Apa Perbedaan Invoice Digital dan Manual dalam Bisnis?

Walaupun memiliki fungsi yang sama, ada beberapa perbedaan antara invoice digital dan manual. Berikut adalah perbedaan utama antara invoice digital dan manual:

1. Proses Pembuatan

  • Invoice Digital: Dibuat secara digital menggunakan software atau aplikasi, lebih cepat dan otomatis.
  • Invoice Manual: Ditulis tangan atau diketik di kertas atau dokumen offline seperti Excel/Word, memakan lebih banyak waktu.

2. Efisiensi dan Kecepatan

  • Invoice Digital: Proses lebih cepat karena bisa dibuat, dikirim, dan dilacak dalam hitungan menit.
  • Invoice Manual: Memerlukan waktu lebih lama karena harus dicetak, dikirim secara fisik atau email manual.

3. Keamanan dan Penyimpanan

  • Invoice Digital: Disimpan di cloud atau sistem digital, lebih aman, laporan keuangan lebih rapi, dan mudah diakses kapan saja.
  • Invoice Manual: Berisiko hilang atau rusak karena hanya tersimpan dalam bentuk fisik atau file lokal.

4. Kemungkinan Kesalahan

  • Invoice Digital: Lebih minim kesalahan karena adanya fitur otomatisasi perhitungan dan validasi.
  • Invoice Manual: Lebih rentan terhadap kesalahan manusia (human error) dalam perhitungan atau input data.

5. Biaya Operasional

  • Invoice Digital: Mengurangi biaya kertas, tinta, dan pengiriman fisik.
  • Invoice Manual: Membutuhkan kertas, tinta, dan mungkin ongkos pengiriman.

6. Pelacakan dan Pengelolaan

  • Invoice Digital: Dapat dilacak status pembayarannya secara real-time dan dapat diotomatisasi.
  • Invoice Manual: Harus dicek secara manual, berisiko kehilangan catatan pembayaran.

7. Legalitas dan Kepatuhan Pajak

  • Invoice Digital: Banyak yang sudah terintegrasi dengan sistem pajak, lebih mudah untuk pelaporan pajak.
  • Invoice Manual: Harus dicatat secara manual dalam laporan keuangan dan pajak, lebih merepotkan.

Itulah penjelasan mengenai invoice digital untuk bisnis. Untuk membuat dan mengirim invoice secara online, Anda dapat menggunakan Mekari Jurnal.

Invoice Digital untuk Bisnis dengan Menggunakan Software Mekari Jurnal

Dengan menggunakan Mekari Jurnal, Anda dapat membuat dan mengirim invoice secara online, dengan 11 desain profesional yang bisa Anda pilih sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

Bukan hanya itu, agar terlihat lebih profesional, Anda juga bisa menambahkan logo perusahaan dan tanda tangan di dalam invoice tersebut.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan pembayaran lebih cepat dengan Mekari Jurnal Pay.

Dengan menggunakan Mekari Jurnal Pay, Anda bisa mendapatkan invoice pembayaran lebih cepat dan mudah dengan memberikan 2 metode pembayaran, yaitu melalui Virtual Account ataupun Kartu Kredit.

Aplikasi akuntansi Mekari Jurnal juga menyediakan invoice reminder yang membantu Anda melakukan penagihan invoice secara berkala ke pelanggan Anda sebelum atau setelah jatuh tempo.

Dengan invoice reminder, Anda tidak perlu lagi mengingatkan pelanggan satu per satu untuk membayar invoice. Anda juga tidak akan salah lagi dalam melakukan penagihan.

Mekari Jurnal juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya seperti membuat laporan instan, pembukuan online, mengelola stok barang, mengelola aset perusahaan, dan lain sebagainya.

Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Mekari Jurnal dan nikmati free trial hingga 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan invoice digital untuk bisnis Anda. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal  untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami