Service Marketing: Pengertian, Karakteristik, & Cara Implementasi Key Highlights Service marketing adalah kegiatan promosi dan penjualan jasa yang bersifat tidak berwujud, seperti yang dilakukan oleh bisnis telekomunikasi, kesehatan, dan agensi. Kunci dari service marketing adalah menjaga hubungan relasi dengan pelanggan dan pengalaman pelanggan dalam menggunakan jasa yang ditawarkan. Karakter service marketing terdiri dari intangibility, inseparability, variability, perishability, dan lack of ownership. Strategi service marketing yang efektif adalah memberikan pelayanan terbaik, harga dan jasa yang ditawarkan sebanding, menggunakan teknologi atau software pelayanan pelanggan, dan SDM yang terampil. Service marketing penting untuk meningkatkan peluang customer retention, keunggulan brand, dan metrik konversi penjualan. Di era digital, service marketing juga dapat dilakukan menggunakan platform media sosial seperti TikTok, Instagram, dan WhatsApp. Service marketing, apa itu? Service marketing merupakan suatu proses menciptakan dan menyampaikan jasa yang dibutuhkan konsumen atau pelanggan. Pendekatan ini sangat relevan dalam bisnis yang berorientasi pada konsumen, di mana pelanggan memegang peran utama dalam menentukan arah bisnis. Karena persaingan yang semakin ketat, perusahaan harus memberikan pelayanan yang berkualitas, tidak hanya dalam produk tetapi juga dalam pengalaman pelanggan. Pelayanan yang baik menciptakan kepuasan, meningkatkan loyalitas, dan mendorong transaksi yang berkelanjutan. Namun, tantangan dalam pelayanan tetap ada. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang service marketing menjadi krusial bagi pelaku usaha. Informasi manajemen berperan penting dalam merancang strategi pemasaran yang efektif. Lalu, apa saja strategi yang dapat diterapkan? Simak selengkapnya dalam Blog Mekari Jurnal Pengertian Service Marketing Service marketing adalah kegiatan promosi dan penjualan yang berorientasi pada bisnis layanan, berbeda dengan pemasaran produk yang berfokus pada barang fisik. Dalam konteks ini, pengalaman pelanggan, hubungan interpersonal, dan nilai-nilai tak berwujud seperti kenyamanan, kepercayaan, dan kepuasan menjadi elemen sentral. Dikutip dari Altera Institute, service marketing bertujuan mempromosikan pelayanan yang tidak berwujud, contohnya seperti bisnis telekomunikasi, kesehatan, dan agensi. Karakteristik Service Marketing Sebelum membahas mengenai strategi dalam service marketing, ada baiknya kita mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu sehingga Anda akan memahaminya dengan baik, sebagai berikut: 1. Intangibility (tidak berwujud) Seperti yang diketahui service dan barang/produk merupakan hal yang berbeda. Produk dapat dilihat sementara service atau layanan tidak dapat dilihat tetapi dirasakan. 2. Inseparability (tidak terpisahkan) Pada umumnya jasa dijual dulu, kemudian diproduksi dan dikonsumsi pada waktu dan tempat yang sama. 3. Variability atau inconsistency (keanekaragaman) Keanekaragaman yang dimaksud adalah service banyak hal yang membentuknya, bergantung kuantitas, kualitas, siapa, kapan diproduksi, dll. 4. Perishability (tidak tahan lama) Service atau jasa ini tidak dapat disimpan atau tidak tahan lama. Dimana pada saat digunakan maka pada saat itu juga manfaatnya dirasakan. 5. Lack of ownership Maksud dari karakteristik ini yaitu konsumen/pembeli mungkin hanya memiliki akses atas jasa tersebut dalam jangka waktu tertentu saja. Baca juga: Pengertian dan Tujuan CRM Strategi Service Marketing Setelah mengetahui karakteristik dari service marketing, kini Anda perlu mengetahui tentang strategi service marketing. Berikut penjelasannya: 1. Memberikan Pelayanan Terbaik Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam service marketing. Dengan memberikan pelayanan terbaik maka pada saat itu juga proses marketing atau proses jasa ini berjalan. Konsumen yang puas akan terus menggunakan service dari bisnis yang Anda jalankan dan dampaknya pendapatan perusahaan pun meningkat. 2. Strategi Service Marketing Dengan Kualitas yang Sebanding dengan Harga Menentukan harga yang tinggi atau rendah sebaiknya Anda sesuaikan dengan jasa yang akan diberikan. Jika jasa yang diberikan memberikan manfaat yang besar maka tidak salah jika menerapkan harga tinggi. Sebaliknya jika manfaat yang diberikan maka sebaiknya tetapkan harga yang rendah, mengapa? Karena jika menerapkan harga tinggi maka konsumen akan pergi dan Anda kehilangan pendapatan. 3. Menggunakan Teknologi Pelayanan Pelanggan Sebagai pelaku usaha/bisnis, Anda harus dapat mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini karena adanya teknologi akan membuat pelayanan yang diberikan semakin cepat. 4. SDM yang Terampil Untuk melakukan sebuah pemasaran atau marketing tentu membutuhkan sumber daya manusia. Sumber daya manusia harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena akan menawarkan jasa kepada konsumen. Jika kinerja mereka maksimal dan menarik perhatian konsumen maka pendapatan perusahaan akan meningkat. Itulah informasi mengenai service marketing yang perlu Anda ketahui. Selain itu tentu saja Anda juga harus memperhatikan hal lainnya. Contoh sederhana seperti mengelola laporan keuangan dengan baik untuk mengembangkan bisnis Anda. Baca juga: Tips Meningkatkan Customer Experience Mengapa Service Marketing Penting? Service marketing penteing untuk mengoptimalkan bisnis jasa yang ditawarkan. Berikut adalah keuntungan menerapkan service marketing pada bisnis: Strategi service marketing dapat meningkatkan peluang customer retention atau mempertahankan pelanggan. Selain itu, strategi ini penting dilakukan karena dapat membangun brand unique selling point yang menjadi keunggulan nilai brand di tengah persaingan pasar yang kompetitif. Keunggulan service marketing ketiga, yaitu dapat mengoptimalkan metrik penjualan perushaan. Service Marketing di Era Digital Di era digital, media sosial menjadi alat utama dalam strategi pemasaran layanan. Contohnya, platform seperti TikTok, Instagram, dan WhatsApp bukan hanya platform komunikasi, tetapi juga media interaksi langsung dengan pelanggan yang bisa membangun loyalitas dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 1. TikTok TikTok memungkinkan brand untuk memberikan layanan pelanggan melalui konten yang edukatif dan menghibur. Beberapa strategi yang digunakan oleh brand antara lain: Tutorial dan Demonstrasi Produk: Menjelaskan cara penggunaan produk melalui video pendek. Respons Interaktif: Membalas komentar pelanggan dengan video. Live Streaming Q&A: Menjawab pertanyaan pelanggan secara real-time. 2. Instagram Instagram menjadi platform yang ideal untuk memberikan layanan pelanggan dengan berbagai fitur seperti Direct Messages, Stories, dan Instagram Live. Respons Cepat melalui DM: Brand dapat memberikan solusi secara personal melalui pesan langsung. Instagram Stories dan Polling: Memudahkan pelanggan untuk memberikan feedback atau bertanya langsung. Highlight FAQ: Menyediakan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan dalam bentuk Highlight di profil brand. 3. WhatsApp WhatsApp Business menjadi solusi utama dalam memberikan layanan pelanggan yang cepat dan personal. Beberapa fitur unggulan yang dimanfaatkan sebagai service marketing: Pesan Otomatis dan Quick Replies: Membantu merespons pertanyaan pelanggan dengan cepat. Katalog Produk: Memudahkan pelanggan untuk melihat daftar layanan atau produk yang tersedia. Broadcast dan Notifikasi Transaksi: Mengirimkan informasi penting kepada pelanggan, seperti status pesanan atau promo eksklusif. Gunakan Software Mekari Jurnal Untuk Membantu Permudah Pelayanan Pelanggan Nah, untuk memudahkan Anda menghitung dan mengelola semua keuangan yang terjadi, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi seperti Mekari Jurnal. Mekari Jurnal dapat membantu Anda menjalankan sistem akuntansi perusahaan Anda dengan cepat. Anda hanya perlu menginput semua transaksi, Mekari Jurnal secara otomatis akan mengolahnya menjadi laporan akuntansi keuangan. Serta, masih banyak fitur-fitur lain yang akan memudahkan pekerjaan dan kesuksesan bisnis Anda. Temukan info dan fitur lain dari aplikasi keuangan online milik Mekari Jurnal dengan klik tombol dibawah. Baik, Saya Mau Coba Aplikasi Akuntansi Mekari Jurnal Sekarang!