10 Cara Meningkatkan Bisnis UKM Agar Lebih Berkembang Meningkatkan bisnis UKM memang memerlukan usaha dan strategi yang maksimal. Hal ini berarti, untuk meningkatkan UKM memerlukan strategi yang terencana dengan efektif sehingga profitabilitas bisnis bisa berjalan dengan baik. UKM sendiri adalah sektor bisnis yang berskala kecil dan menengah yang penting bagi perputaran roda perekonomian Indonesia. Selain itu, UKM pun terdiri dari berbagai jenis seperti kuliner, fashion, dan agribisnis. Bisnis kecil bisa berkembang semakin besar, bila dikelola dengan tepat. Layaknya sebuah perusahaan, setiap usaha UKM seharusnya memiliki manajemen usaha yang baik agar bisnis cepat berkembang menjadi lebih besar. Sebelum membahas cara mengembangkan UKM, mari kita pelajari pengertian UKM. Apa itu UKM? Usaha Kecil dan Menengah atau bisa disebut UKM adalah sektor bisnis yang berskala kecil dan dimiliki perorangan atau badan usaha. Dalam UU No. 20 tahun 2008 pasal 1 ayat 2, menyebutkan bahwa usaha kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari Usaha Menengah atau Usaha Besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang. Sedangkan, pada ayat selanjutnya menjelaskan tentang usaha menengah. Pasal 1 ayat 3 menyebutkan bahwa usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau Usaha Besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini. UKM memiliki peran yang besar dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Terutama dalam menambah lapangan pekerjaan dan pendapatan masyarakat Tantangan yang Dihadapi Pelaku Bisnis UKM Dunia bisnis adalah arena yang dinamis, penuh liku dan tantangan yang tak terhindarkan. Setiap perjalanan usaha pasti akan menemui rintangan, dan salah satu yang paling umum adalah stagnasi produk akibat kurangnya inovasi. Tanpa terobosan baru, bisnis berisiko tertinggal dan kehilangan daya saing. Akibatnya, banyak UKM terpaksa tutup dan tidak melanjutkan bisnis. Tentu tantangan ini berdampak negatif bagi kesejahteraan finansial usaha karena tidak ada pemasukan. Untuk menghindari kondisi tersebut, Anda dapat mengikuti cara meningkatkan bisnis untuk memajukan ekonomi bersama. Cara Meningkatkan Bisnis UKM agar Semakin Berkembang Di bawah ini akan kita akan jabarkan 5 cara melakukan manajemen UKM agar menjadi lebih besar. 1. Buat Business Plan Yang Tepat Strategi meningkatkan UKM melalui Business Plan Memiliki sebuah business plan atau perencanaan program kerja, walaupun terkesan sederhana, namun sangat penting keberadaannya bagi sebuah manajemen usaha, apalagi untuk meningkatkan bisnis UKM. Adanya sebuah business plan dalam usaha, akan membuat semua program kerja dalam perusahaan akan terarah dan terhindar dari pemborosan biaya. Jika sebuah perusahaan tidak memiliki business plan yang baik sejak awal, maka akan sulit bagi semua karyawan maupun pihak yang terkait dengan usaha, untuk menentukan kegiatan operasional, biaya, tujuan, dan peluang yang akan diraih pada periode usaha berikutnya. Baca juga: 6 Komponen Perencanaaan Bisnis Penting untuk Perusahaan 2. Miliki Standard Operating Procedure Strategi meningkatkan UKM melalui SOP Standard Operating Procedure atau SOP sebenarnya sangat dibutuhkan dalam bisnis UKM untuk sebuah pembiasaan. Layaknya perusahaan waralaba, bisnis UKM pun harus mampu menciptakan standarisasi kerja. Tujuannya untuk menjaga kualitas produk tetap baik dan membiasakan karyawan memiliki sebuah panduan sistem kerja yang terarah sehingga lebih mudah bagi pihak perusahaan untuk melakukan kontrol. SOP adalah salah satu alat manajemen usaha untuk meningkatkan kinerja karyawan menjadi lebih baik, dan bisa meningkatkan bisnis UKM Anda. Baca juga: SOP Perusahaan: Manfaat, Fungsi, Cara Membuat 3. Fokus Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan Di pasar yang kompetitif, UKM dapat bersinar dengan memprioritaskan kualitas produk dan pelayanan. Kombinasi ini bukan hanya memenuhi ekspektasi pelanggan, tetapi juga menciptakan keunggulan yang membedakan bisnis Anda dari yang lain. 4. Berani Berinovasi Cara selanjutnya untuk meningkatkan bisnis UKM adalah dengan berani melakukan inovasi. Inovasi yang dilakukan bisa menciptakan produk yang unik atau menginovasikan layanan bisnis. Dengan cara ini, Anda bisa meningkatkan perkembangan usaha ke arah yang lebih positif. 5. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Untuk cara satu ini dalam mengembangkan sumber daya manusia adalah dengan memberikan pelatihan khusus bagi karyawan. Pelatihan ini merujuk pada pengembangan soft dan hard skill yang dibutuhkan karyawan dalam membantu meningkatkan kinerja mereka. Saat menerapkan langkah ini, pastikan pelatihan yang diberikan memberikan dampak positif bagi perkembangan karyawan dan bisnis. Baca juga: Pelatihan dan Pengembangan SDM Bagi Perusahaan 6. Meningkatkan Pemasaran Media Sosial Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis UKM adalah dengan memanfaatkan pemasaran digital. Strategi marketing ini tidak membutuhkan anggaran yang terlalu besar, apalagi untuk bisnis dengan skala kecil. Anda bisa memulai strategi ini dengan cara mengupload konten edukatif yang sesuai dengan target pasar bisnis Anda melalui media sosial. 7. Menggunakan Layanan E-commerce Lain halnya dengan menggunakan media sosial, Anda juga bisa memasarkan bisnis melalui e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Blibli. Dengan memasarkan produk melalui platform ini, bisnis Anda semakin mudah dicari pelanggan dan memungkinkan semakin meningkatkan transaksi sehingga profit yang masuk semakin banyak. 8. Lakukan Segmentasi Pasar Strategi meningkatkan UKM melalui segmentasi pasar Dalam merancang suatu produk, UKM harus menjalankan segmentasi pasar. Cara ini dilakukan oleh usaha-usaha besar dalam mempersiapkan produknya. Sebuah produk atau jasa, harus membidik pasar tertentu agar manfaat dari sebuah produk bisa maksimal dirasakan konsumen. Setiap market punya kebutuhan yang berbeda. Dengan segmentasi pasar, usaha kecil menengah dapat lebih optimal dalam menghasilkan dan memasarkan produk, sehingga meningkatkan pertumbuhan bisnis UKM. Baca juga: Cara Mudah Tentukan Segmentasi Pasar 9. Tingkatkan Penggunaan Internet Internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia saat ini. Perusahaan UKM pun harus menyadari hal ini dan menjadikaannya sebagai salah satu strategi manajemen peningkatan usaha. Penggunaan Internet sebagai salah satu strategi pemasaran akan menjadikan usaha berjalan efektif, memiliki visibilitas yang luas dan yang terpenting, membuat anggaran perusahaan tidak terkuras. Baca juga: Digital Marketing : Pengertian dan Jenis Strategi Penerapan Bisnis 10. Tingkatkan Kapasitas Informasi Teknologi (IT) Dunia informasi teknologi saat ini telah terkait oleh banyak hal dalam sebuah proses industri. Dari produksi hingga konsumsi dan keuangan, kemajuan teknologi informasi penting untuk mempercepat proses usaha serta mendukung pengambilan keputusan dan perencanaan yang tepat. Dalam bidang keuangan misalnya, UKM bisa memanfaatkan teknologi aplikasi akuntansi UKM terbaik dalam mendata semua transaksi keuangan. Hal ini agar memudahkan pendataan laporan finansial, dan bertujuan untuk mengatur keputusan program pembiayaan sebuah rencana bisnis ke depan. Selain itu, jika UKM perlu mengirim invoice kepada pelanggan, Anda bisa menggunakan invoice generator via online atau Anda bisa pilih Jurnal.id karena memiliki fitur aplikasi invoice online yang di dalamnya terdapat berbagai template profesional sesuai dengan kebutuhan. Jurnal sebagai aplikasi akuntansi UKM terbaik online dan aplikasi pembukuan sederhana dapat menjadi salah satu solusi manajemen usaha di bidang penggunaan informasi teknologi. Dengan Jurnal, dapatkan kemudahan untuk mengolah semua transaksi keuangan melalui aplikasi ERP menjadi informasi yang tepat untuk perencanaan dan peningkatan usaha Anda. Pelajari lebih lanjut bagaimana fitur dan aplikasi akunting dari jurnal dapat membantu pekerjaan Anda. Dapatkan kemudahan mengelola bisnis Anda, coba Mekari Jurnal sekarang secara gratis hingga 14 hari!