Perbedaan Online Marketing dan Digital Marketing, Apa Saja? Istilah digital marketing dan online marketing mungkin sempat membingungkan Anda sebagai seseorang yang bekerja di dunia marketing. Mungkin juga terdengar sepele, namun dengan mengetahui perbedaan dari kedua istilah tersebut akan membantu Anda merangkai suatu strategi pemasaran. Hal ini juga dapat membantu Anda menganalisis strategi pemasaran dengan mengategorikan jenis pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda. Apakah Anda akan membuat strategi jangka panjang yang berkelanjutan dan membuahkan hasil secara konsisten, atau apakah Anda hanya akan membuat strategi jangka pendek yang hasilnya tidak menentu? Digital Marketing Digital marketing adalah upaya penggunaan jaringan digital, perangkat, dan platform (terlepas dari apakah perangkat atau platform bersifat online atau offline) untuk membuat atau mempromosikan pesan pemasaran Anda. Sedangkan, menurut Strauss & Frost (2014), digital marketing adalah konsep pemasaran atau promosi yang dirancang dan dilaksanakan menggunakan platform digital kepada pihak lain. Dengan kata lain, istilah digital marketing tidak melulu terkait dengan penggunaan jaringan internet. Digital marketing juga bisa dibilang sebagai ‘payung’ dari berbagai teknik pemasaran, kecuali teknik pemasaran yang masih menggunakan cara tradisional (surat-menyurat, dan sebagainya). Sebagai contoh, misalkan Anda ingin mengirimkan suatu pesan kampanye untuk mempromosikan produk bisnis Anda via SMS, maka itu termasuk teknik digital marketing walaupun menggunakan SMS yang tidak memakai jaringan internet. Contoh pengimplementasian digital marketing E-mail Marketing E-Books Games Content Marketing Video Marketing Mobile Marketing (SMS) TV Advertising. Baca juga: Digital Marketing : Pengertian dan Jenis Strategi Penerapan Bisnis Online Marketing Online marketing merupakan bagian dari digital marketing yang berarti online marketing berada di bawah ‘payung’ digital marketing. Menurut Kotler & Keller (2016), online marketing adalah strategi promosi yang mengandalkan internet untuk meningkatkan kredibilitas dan kualitas sehingga pelanggan tetap setiap. Perbedaan terbesarnya adalah teknik online marketing mengharuskan pengguna menggunakan jaringan internet untuk melaksanakan tugas pemasarannya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, teknik online marketing pun juga ikut berkembang secara pesat. Sehingga bagian pemasaran harus benar-benar ‘melek’ dan mengikuti arus perkembangan teknologi yang selalu ter-update. Contoh pengimplementasian online marketing SEO (Search Engine Optimization) PPC (Pay-Per-Click) Display Advertising Social Media Marketing (Facebook Ads, Instagram Ads, dan lainnya) Baca juga: Digital Marketing : Pengertian dan Jenis Strategi Penerapan Bisnis Pertimbangan Melakukan Teknik Online Marketing atau Digital Marketing Sebagian besar bentuk manifestasi pemasaran dalam dunia bisnis akan selalu terlibat dengan gaya digital marketing. Tetapi mengandalkan gaya tersebut tidaklah cukup. Sebagai seorang yang bekerja di bagian pemasaran, Anda harus mempelajari semua detail dan perspektif seperti hasil riset pelanggan dan data lainnya untuk keputusan pemasaran Anda ke depannya. Jika dirangkum, berikut faktor-faktor yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam membuat keputusan terkait digital marketing atau online marketing: Tipe bisnis Anggaran untuk Pemasaran Segmentasi Pasar Target Pasar Anda bisa menggunakan fitur seperti Google Analytics untuk membantu Anda mendapatkan data riset pelanggan agar upaya Online atau digital marketing menjadi lebih efektif dan tepat sasaran. Kesimpulan Pendefinisian dari online marketing dan digital marketing hanya bersifat teknis. Yang penting adalah bagaimana Anda memahami implikasi dari masing-masing gaya pemasaran dan memilih dengan bijak ketika membangun keseluruhan rencana pemasaran Anda. Pada akhirnya, langkah terpenting yang harus Anda lakukan adalah menyusun strategi. Terlepas dari cara Anda memilih digital marketing dan online marketing, Anda harus segera melakukan tindakan yang didasari oleh pertanyaan-pertanyaan: Hasil seperti apa yang ingin Anda dapatkan? Bagaimana Anda menyusun rencana dan mewujudkannya? Bagaimana cara Anda untuk mengenal pelanggan dan menciptakan user experience yang baik? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menyadari jika Anda perlu fokus untuk memilih gaya online marketing, digital marketing, atau keduanya pada saat yang bersamaan. Pengimplementasian online marketing atau digital marketing sangat penting bagi perencanaan pemasaran Anda. Namun, Anda juga harus memperhatikan pencatatan dan pelaporan keuangan Anda. Dengan Mekari Jurnal, aktivitas pencatatan dan pelaporan keuangan bisnis Anda semakin dimudahkan. Mekari Jurnal adalah software accounting Indonesia atau software Akuntansi online yang menawarkan fitur-fitur akuntansi secara komprehensif. Referensi: Strauss, Judy, & Frost, Raymond, 2014, E-Marketing. Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane, 2016, Marketing Management.