Daftar Isi
6 min read

Apa Itu Surat Niaga? Panduan Lengkap dan Contohnya

Tayang 24 Mar 2025
Highlights
  • Surat niaga merupakan sebuah dokumen resmi yang dipergunakan dalam aktivitas bisnis untuk membangun komunikasi formal dan profesional, termasuk untuk kepentingan penawaran, permintaan informasi, dan negosiasi
  • Beberapa karakteristik dalam surat niaga, mencakup kop surat, nomor referensi, salam pembuka, penjelasan isi yang detail, dan ajakan dalam penutup
  • Jenis-jenis surat niaga dapat beragam sesuai kebutuhan bisnis, industri, maupun tujuan dari membangun komunikasi dengan pengirim

Surat niaga adalah suatu jenis surat yang berkaitan erat dalam bisnis profesional khususnya dalam berhubungan antara transaksi bisnis satu dengan lainnya.

Surat ini dapat menjadi dokumen penting sebagai bukti jual beli terjadi secara formal dan menjadi bukti historis di periode selanjutnya jika dibutuhkan.

Terdapat beberapa jenis surat niaga. Bagimana contohnya? Apa saja fungsi dan penerapannya?

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai surat niaga, berikut artikel dari Mekari Jurnal akan menjelaskannya secara komprehensif!

Definisi Surat Niaga

Surat niaga merupakan dokumen tertulis yang secara resmi digunakan untuk menjalankan komunikasi antara perusahaan maupun antara individu dengan tujuan bisnis.

Umumnya, penggunaan bahasa dalam surat niaga akan mengedepankan karakter yang formal, bahasa yang sopan, dan tersusun rapi agar mudah dipahami penerima.

Aktivitas bisnis yang terkait dengan surat-menyurat jenis ini yaitu kegiatan komersial, mencakup penawaran produk, permintaan informasi, konfirmasi pesanan, dan negosiasi bisnis.

Perbedaan Surat Niaga dengan Jenis Surat Lainnya

Walaupun termasuk jenis surat resmi dan formal, namun terdapat beberapa perbedaan dengan ciri khas dari surat niaga adalah:

  1. Isi dari surat niaga lebih berhubungan dengan kegiatan komersial atau transaksi bisnis
  2. Struktur format surat yang lebih baku dan mencakup informasi pengirim, seperti alamat, tanggal, isi surat, dan penutup
  3. Penggunaan bahasa yang formal, jelas, dan terukur untuk menghindari ambiguitas

Struktur dan Elemen Penting dalam Surat Niaga

Agar dapat terlihat efektif dan profesional, terdapat beberapa elemen penting dan struktur yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat niaga, yaitu:

1. Kop Surat

Kop surat menjadi bagian paling atas yang mencantumkan beberapa identitas perusahaan yang penting, seperti:

  1. Nama perusahaan
  2. Alamat perusahaan
  3. Nomor telepon
  4. Email resmi perusahaan
  5. Logo perusahaan

Dengan adanya ini, membantu penerima untuk mengidentifikasi pengirim surat dengan efektif.

2. Nomor Referensi Surat dan Halaman

Komponen ini menjadi format penting yang patut dicantumkan untuk menjaga kerapihan dan memudahkan pengarsipan.

Nomor surat dibuat dengan mengandung informasi terkait detail pembuatan surat, mencakup siapa yang membuat, jenis, waktu pembuatan, dan jumlah surat.

Biasanya, nomor referensi surat mencantumkan nomor urut surat keluar, kode surat, kode perihal surat, dan tahun pembuatan surat.

Contohnya adalah sebagai berikut:

Nomor: 07.212/RK.PH/XII/2025

Selain nomor surat, Anda juga perlu memperhatikan lampiran halaman yang disematkan dalam surat niaga.

Detail ini penting agar penerima tidak miskomunikasi dengan informasi yang dibagikan. Misalnya, lampiran 1, lampiran 2, dan lampiran 3 dalam surat niaga.

3. Salam Pembuka

Keberadaan salam pembuka dalam surat niaga penting untuk menunjukkan rasa hormat kepada penerima surat sebelum masuk untuk men-deliver isi pesan yang formal.

Salam pembuka dapat berupa sapaan formal dengan formal contohnya seperti ini “Yth. Bapak/Ibu …” dan dilanjutkan dengan nama atau jabatan penerima.

4. Isi Surat

Lalu, struktur penulisan surat akan masuk ke bagian isi yang menjadi bagian vital dalam surat niaga.

Sampaikan isi surat secara sistematis, mencakup pembuka, isi, dan penutup, dengan terstruktur, jelas, dan to-the-point.

Buka dengan alasan dan latar belakang pembuatan surat, jelaskan secara komprehensif terkait informasi utama dalam isi, dan tutup dengan harapan dan tindak lanjut yang diinginkan.

5. Penutup

Bagian penutup surat dapat berisi pernyataan mengenai permohonan kerja sama dan ucapan terima kasih.

Misalnya, seperti “Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih”.

Pada bagian ini, Anda juga menutup salam dengan “Hormat Kami” kemudian tanda tangan dan nama jelas pengirim sebagai validasi siapa yang membuat surat niaga.

Baca Juga: Contoh Surat Penjualan Berbagai Sektor: Definisi, Struktur, dan Cara Membuat

Cara Membuat Surat Niaga

Untuk proses pembuatannya, terdapat beberapa cara atau langkah sederhana yang perlu Anda lakukan agar penyampaian isi pesan dapat efektif ke sisi penerima.

1. Persiapkan Informasi yang Diperlukan

Sebelum membuat surat, ada baiknya untuk mengumpulkan semua informasi penting yang berkaitan dengan Anda dengan penerima.

Informasi dan data ini dapat berkaitan dengan produk atau jasa, harga, syarat pembayaran, dan tanggal penting.

2. Tentukan Format Surat

Pastikan format surat sudah terstandarisasi dengan baik sesuai karakter atau kebutuhan industri.

Jangan lupa untuk mencantumkan karakteristik dari surat niaga, seperti kop surat, alamat tujuan, tanggal, salam pembuka, isi surat, dan penutup.

Kedepankan sisi konsistensi dan profesionalitas agar mendapatkan kesan yang positif.

3. Gunakan Bahasa yang Formal

Gunakan bahasa yang formal, jelas, dan mudah dimengerti agar tidak menjadi ambiguitas.

Ini penting karena tidak adanya pertemuan tatap langsung sehingga sulit untuk melakukan klarifikasi jika ditemukan informasi yang ambigu.

4. Selalu Pastikan Kerapihan dan Tata Letak

Konsistensi selalu menjadi aspek penting dalam surat-menyurat. Oleh karena itu, perhatikan jarak antar paragraf, margin, dan pemilih font yang digunakan.

Tata letak seperti logo, kop surat, judul, isi, dan informasi perusahaan harus rapi di tiap lampiran agar informasi dapat tersampaikan dengan baik.

Baca Juga: 11 Contoh Surat Permohonan Pembayaran Piutang

5. Lakukan Pemeriksaan Sebelum Mengirim

Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan kembali sebelum surat niaga terkirim ke penerima.

Baca kembali surat mulai dari pembuka, isi, dan penutup. Periksa tata bahasa, ejaan, dan format secara keseluruhan.

Ini demi menjaga kredibilitas dan profesionalitas perusahaan dalam proses transaksi bisnis.

Contoh Surat Niaga

Surat niaga sendiri terbagi menjadi beberapa jenis sesuai kebutuhan, industri pengirim, dan tujuannya.

1. Surat Niaga Penawaran

contoh surat niaga dalam bisnis
Sumber: nesabamedia

Baca Juga: Apa Itu Surat Penawaran Bisnis: Berikut 5 Contohnya!

2. Surat Niaga Permintaan Penawaran

sumber: lezgetreal

3. Surat Niaga Penolakan Penawaran

surat niaga

4. Surat Niaga Pemberitahuan Pengiriman Barang

Sumber: kibrispdr

Baca Juga: 7 Contoh Surat Jalan Pengantar atau Pengiriman Barang

5. Surat Niaga Penagihan Pembayaran

Sumber: nesabamedia

Baca Juga: Contoh Surat Tagihan, Apa Saja Komponen di Dalamnya?

6. Surat Niaga Komplain atau Pengaduan

surat niaga
Sumber: Mamikos

FAQ Seputar Surat Niaga

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan di internet seputar surat niaga.

Q: Apa Itu Surat Niaga?

Jawaban:

Surat niaga adalah surat resmi yang digunakan oleh perusahaan atau entitas lain untuk berkomunikasi dalam kegiatan bisnis.

Surat ini mencakup informasi penawaran, permintaan, konfirmasi, dan kerja sama formal dan legal lainnya.

Q: Bagaimana Cara Membuat Surat Niaga yang Efektif

Jawaban:

Surat niaga dapat dibuat dengan menyusun informasi secara terstruktur, menggunakan bahasa yang formal dan jelas, dan memastikan tidak terdapat kesalahan penulisan.

Q: Mengapa Surat Niaga Penting dalam Bisnis?

Jawaban:

Surat niaga membantu pengirim, dalam hal ini Anda, untuk menjalin komunikasi secara legal dan resmi kepada penerima untuk melanjutkan proses bisnis dengan profesional.

Q: Bagaimana Cara Menyesuaikannya dengan Kebutuhan Spesifik Perusahaan?

Jawaban:

Isi yang terdapat di dalam surat niaga dapat ditambahkan atau mengurangi bagian informasi sesuai kebutuhan.

Jika diperlukan, tambahkan lampiran dokumen pendukung atau merubah format penulisan agar lebih mencerminkan identitas bisnis.

Dengan demikian, itulah penjelasan mengenai surat niaga, bagaimana proses pembuatannya, dan contoh surat niaga.

Semoga dengan adanya artikel ini, Anda dapat menyusun surat niaga dengan lebih efektif dan sesuai kebutuhan bisnis.

Untuk mendukung pengelolaan bisnis yang lebih optimal, salah satu alternatif solusinya adalah dengan mengadopsi software akuntansi terintegrasi Mekari Jurnal.

Melalui fitur-fitur unggulannya, mulai dari sistem akuntansi, perpajakan, manajemen supply chain, dan integrasi dengan berbagai POS penjualan, transformasikan operasional bisnis dengan teknologi digital!

Bila tertarik, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada tim kami dan dapatkan free trial selama 7 hari bagi pendaftar pertama!

Konsultasi Gratis dengan Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

 

Referensi:

Detik, “Cara Penulisan Nomor Surat Resmi atau Dinas yang Tepat”.

Nesabamedia, “10+ Contoh Surat Niaga Penawaran Barang, Jasa, Permintaan dan Lain-lain”.

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami