Format: PDF Download Buat laporan keuangan otomatis, terintegrasi dengan eFaktur & rekonsiliasi bank. Detail informasi Anda 0 - 300 juta > 300 juta - 2,5 miliar > 2,5 miliar - 15 miliar > 15 miliar - 50 miliar > 50 miliar - 250 miliar > 250 miliar Form Name GCLID Device Type Dengan klik tombol "Unduh", saya menyetujui Kebijakan Privasi Mekari. Eksplor Mekari Jurnal Tahukah Anda bahwa pajak bisa dibatalkan dengan pemberlakuan beberapa syarat. Tapi pahami juga surat yang diajukan untuk proses pembatalan harus diproses sendiri. Anda yang ingin mengajukan segera pembatalan, pahami dulu contoh surat pembatalan faktur pajak yang perlu digunakan. Kunci dikabulkannya pembatalan faktur salah satunya bersumber dari kesesuaian surat yang diajukan. Jangan sampai salah tulis surat, pahami juga struktur penulisan hingga contoh surat per kasusnya agar proses pembatalan berjalan lancar. Itulah mengapa aplikasi faktur seperti pada fitur Mekari Jurnal sangat membantu kelancaran usaha dan bisnis. Mengenal Tentang Surat Pembatalan Faktur Pajak Surat pembatalan faktur pajak adalah syarat administratif yang dibutuhkan seseorang atau suatu lembaga untuk melakukan pembatalan nilai bayar pajak, karena termasuk syarat sah untuk pembatalan pajak, maka bila surat ini tidak dibuat maka pembatalan mustahil bisa dilayangkan. Karenanya contoh surat pembatalan faktur pajak banyak dicari untuk membuat surat pembatalan sendiri. Pada masanya surat dalam bentuk fisik harus dibuat sendiri dengan detail data yang sesuai dengan data yang dimiliki oleh si pengaju pembatalan. Kini pembatalan faktur pajak bisa dilakukan tanpa menghadirkan surat fisik pembatalan. Menyesuaikan dengan era digitalisasi Anda tidak usah lagi kesulitan membuat surat. Namun surat bisa jadi tetap dibutuhkan bila platform pengajuan digital tengah rusak. Apakah Sama Dengan Faktur Pajak Cancel? Faktur Pajak Cancel adalah istilah yang umumnya mengacu pada tindakan pembatalan faktur pajak yang sudah terbit namun karena suatu alasan tertentu perlu dibatalkan atau tidak digunakan. Dalam konteks perpajakan di Indonesia, faktur pajak dibuat ketika terjadi transaksi penyerahan barang kena pajak (BKP) atau jasa kena pajak (JKP). Apabila terdapat kesalahan atau transaksi tersebut batal, maka Faktur Pajak yang telah diterbitkan dapat dibatalkan (cancel) mengikuti prosedur yang berlaku. Berikut beberapa hal penting terkait pembatalan (cancel) faktur pajak di Indonesia: Alasan Pembatalan Terjadi kesalahan pengisian data pada faktur pajak (misalnya, penulisan nama, NPWP, atau data transaksi yang keliru). Transaksi batal karena barang atau jasa tidak jadi diserahkan. Terdapat duplikasi faktur pajak. Batas Waktu Pembatalan Berdasarkan peraturan Dirjen Pajak, faktur pajak yang telah diterbitkan dapat dibatalkan selama masih dalam periode tertentu (umumnya dalam satu tahun pajak atau sesuai aturan yang berlaku), dan belum dilaporkan dalam SPT Masa PPN atau terdapat ketentuan lain terkait teknis pembatalan. Prosedur Pembatalan Membuat nota pembatalan atau dokumen pendukung yang menyatakan bahwa transaksi tersebut batal. Mencabut (cancel) faktur pajak di aplikasi e-Faktur (jika menggunakan e-Faktur), biasanya dengan menandai faktur pajak terkait sebagai faktur yang batal. Memastikan konsistensi antara pihak penjual dan pembeli, agar tidak terjadi selisih pencatatan dalam laporan pajak masing-masing. Dampak ke Pelaporan Pajak Faktur pajak yang dibatalkan tidak boleh dikreditkan sebagai pajak masukan oleh pembeli. Penjual pun tidak akan memungut dan menyetorkan PPN terkait transaksi yang dibatalkan. Jika sudah terlanjur dilaporkan, kadang perlu melakukan pembetulan SPT (Surat Pemberitahuan) Masa PPN. Dokumentasi & Bukti Pendukung Simpan seluruh bukti pembatalan seperti dokumen pembatalan transaksi, surat kesepakatan, hingga catatan perubahan di e-Faktur. Bukti pendukung ini diperlukan untuk menjaga kepatuhan hukum dan administrasi. Pada dasarnya, Faktur Pajak Cancel dilakukan untuk mengoreksi kesalahan atau membatalkan transaksi yang memang tidak terjadi. Penting untuk mengikuti peraturan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terkait proses, batas waktu, dan tata cara pembatalan faktur pajak agar administrasi PPN tetap tertib dan sesuai ketentuan. Baca Juga: Pengertian dan Cara Pembuatan Faktur Penjualan Kapan Pembatalan Pajak Bisa Dilakukan? Bayar pajak termasuk kewajiban setiap penduduk yang termasuk pada list wajib pajak. Dari pajak juga segala bentuk pelayanan negara bisa berjalan baik setiap tahunnya. Tidak bisa sembarangan, pembatalan pajak bisa terjadi sedikitnya karena 3 penyebab, diantaranya: 1. Kesalahan Digit NPWP Sebuah pajak bisa saja batal atau gagal karena kesalahan input digit NPWP. Salah input angka walaupun hanya satu angka bisa berdampak pada pembatalan pajak. Akhirnya pajak akan ditangguhkan untuk sementara waktu bahkan bisa juga pajak dibatalkan secara keseluruhan Kesalahan digit ini bisa terjadi karena banyak faktor. Karenanya kejelian saat input data sangat diperlukan agar pajak tidak berubah jadi hutang. Sebagai opsi menghindari hal serupa, tinjau dulu contoh surat pembatalan faktur pajak dengan digit dan penulisan NPWP yang tepat. 2. Kesalahan Transaksi Pembatalan pajak juga bisa terjadi karena perkara kesalahan transaksi. Kesalahan transaksi jarang disadari saat pembeli dan penjual bertransaksi. Tapi, biasanya kesalahan akan terdeteksi saat hendak melakukan tindak lanjutan seperti halnya membayar pajak. Namun nyatanya kesalahan transaksi juga dapat berpengaruh pada pembatalan pajak. Tidak hanya itu, kesalahan transaksi sangat berpotensi menimbulkan kerugian baik pada pihak penjual maupun pihak pembeli. 3. Pembatalan atau Penundaan Transaksi Terakhir, pembatalan faktur pajak juga bisa terjadi bila pemilik NPWP yang ingin membayar pajak mengalami pembatalan transaksi. Pembatalan memang tidak bisa dihindari baik sengaja maupun tidak disengaja. Selain pembatalan transaksi, pembatalan faktur pajak juga bisa terjadi saat pelaku yang hendak membayar pajak nyatanya mengalami penundaan transaksi. Penundaan juga nantinya akan berpengaruh pada proses pembayaran pajak. Fungsi Surat Pembatalan Faktur Pajak Seperti jenis surat lainnya, surat pembatalan faktur juga punya fungsinya sendiri. Jauh dari tulisan di atas kertas, nyatanya surat ini bisa berperan cukup krusial bagi pihak yang sedang berurusan dengan pajak. Lalu apa saja fungsi dari jenis surat satu ini? 1. Sebagai Bukti Pengajuan Pembatalan Pajak Fungsi pertama dari adanya surat pembatalan ini yakni sebagai bukti pengajuan pembatalan pajak yang sah. Tentu saja hal yang berkaitan dengan sistem administratif pemerintahan perlu disematkan bukti yang sah berupa surat. Karena bekerja sebagai bukti, maka bila surat ini tidak ada proses pembatalan tidak akan berjalan. Bisa jadi pajak tetap ada dan harus dibayarkan dalam jangka waktu dekat. Karenanya surat jenis ini wajib keberadaannya. 2. Sebagai Syarat Administratif Pembatalan Pajak Sebagai lembaga negara yang tidak main-main keberadaannya, kantor pajak memerlukan pengajuan syarat yang legal dan baku. Salah satu syarat administratif yang diperlukan untuk mengajukan pembatalan adalah surat permohonan pembatalan faktur pajak. Surat ini nantinya dibuat sendiri dan dibawa ke KPP agar bisa segera diproses. Biasanya proses pembatalan tidak berlangsung lebih dari sehari. Namun sebaiknya Anda mengurus surat pada hari non libur. 3. Sebagai Arsip Baik Pihak Pajak maupun Pihak Pengaju Fungsi terakhir yang dimiliki oleh surat pembatalan ini yakni sebagai dokumen arsip. Pengarsipan tentu dibutuhkan oleh pihak pajak maupun pihak pengaju. Arsip ini bisa digunakan sewaktu-waktu bila terdeteksi kesalahan lagi terkait pembatalan dimasa yang akan datang. Karenanya setelah selesai menilik contoh surat pembatalan faktur pajak dan membuatnya sendiri, Anda perlu menduplikat dokumen untuk arsip sendiri. Selanjutnya biarkan sistem arsip pajak melakukan sisanya. Baca Juga: Contoh Faktur Penjualan dan Komponen Penting di Dalamnya Struktur Surat Pembatalan Faktur Pajak Tidak hanya punya fungsinya sendiri, nyatanya surat ini juga punya strukturnya sendiri. Tidak perlu mengarang isi surat karena bisa jadi berpotensi salah. Sebagai opsi terbaiknya Anda bisa menjiplak struktur yang tersedia di internet. apa saja struktur yang dimuat dalam surat pembatalan faktur? 1. Pembukaan Tentu saja di setiap contoh dokumen termasuk contoh surat pembatalan faktur pajak terdapat bagian pembukaan. Bukan sembarangan dibuat, bagian ini dituliskan sebagai bagian resmi agar surat bisa dikatakan sah. Apalagi instansi yang akan berhubungan dengan surat bukanlah instansi biasa. Pembukaan bisa di isi dengan tempat dan tanggal pembuatan. Jangan lupa untuk menyertakan data valid pada saat menulis bagian ini. 2. Nomor dan Perihal Bagian ini juga biasanya ada pada surat pengajuan resmi lainnya. Khususnya pada surat pengajuan pembatalan faktur pajak, nomor surat bisa disesuaikan dengan nomor registrasi sendiri atau memang dikosongkan bergantung pada instruksi. Sedangkan bagian Perihal diisi dengan tulisan ‘pembatalan faktur pajak’. Penulisan kalimat tersebut searah dengan tujuan penulisan utama surat ini. Bila diperlukan bagian ini juga bisa disematkan bagian lampiran di bawahnya dan isi dengan jumlah angka berapa lampiran yang akan disematkan. 3. Penujuan Surat Biasanya bagian ini ditulis satu enter di bawah bagian nomor dan perihal. Tulisan tujuan pada surat formal instansi tertentu biasanya baku dan tidak pernah berubah. Termasuk juga pada penulisan tujuan surat jenis satu ini. Anda bisa menuliskan langsung menuliskan nama instansi, perusahaan atau badan yang menjalin transaksi dengan Anda. Pastikan menulis nama instansi tujuan secara telat untuk menghindari proses pembatalan yang lebih rumit. 4. Isi Paling penting dalam sebuah surat, bagian ini memuat tujuan dikirimkannya sebuah surat. Anda perlu menggunakan kata yang pasti dan tidak terlalu bertele-tele sehingga mudah untuk dimengerti si pembaca. Pada contoh surat pembatalan faktur pajak sekalipun pasti Anda melihat yang sama. Biasanya pada bagian ini Anda menyertakan seri struk pembelian berfaktur pajak. Tentu saja seri nomor setiap faktur pajak akan berbeda beda setiap transaksinya. Jadi, pastikan seri yang dituliskan merupakan seri yang benar. 5. Penutup Setelah menuliskan bagian isi secara tepat Anda perlu menghadirkan bagian penutup. Tidak perlu panjang, penutup dalam surat ini bisa ditulis hanya dalam satu kalimat atau bila perlu hanya satu paragraf singkat. Isinya sebagai penutup dari inti surat. Anda juga bisa menyematkan permohonan singkat lain terkait transaksi, menyampaikan terima kasih hingga menyebutkan permohonan maaf atas kejadian yang tidak terduga. 6. Tanda Tangan Pengaju Terakhir, tanda tangan pengajuan surat. Tanda tangan diperlukan di hampir setiap jenis surat tidak hanya sebagai pelengkap tapi juga sebagai penanda bahwa yang menulis memegang tanggung jawab penuh atas apa yang dituliskannya. Biasanya kolom tanda tangan dibuat di bagian kanan bawah tidak jauh setelah kalimat penutup dituliskan. Gunakan tinta berwarna hitam atau biru untuk menyematkan tanda tangan. Hindari tinta merah karena bisa diasosiasikan dengan niat buruk. Baca Juga: Simak Perbedaan antara Faktur Penjualan dan Pembelian Contoh Surat Pembatalan Faktur Pajak karena Salah NPWP Daripada membuat surat yang tidak karuan isinya juga belum tentu kesesuaian isinya ada baiknya untuk mengikuti contoh yang ada. Gunakan sumber yang terpercaya untuk melihat format contoh surat pembatalan faktur karena NPWP berikut ini. Contoh Surat Pembatalan Faktur Pajak 1 Contoh Surat Pembatalan Faktur Pajak 2 Contoh Surat Pembatalan Faktur Pajak 3 Baca Juga: Tips Agar Faktur Penjualan Dibayar Tepat Waktu Contoh Surat Pembatalan Faktur Pajak karena Kesalahan Transaksi Batal faktur pajak juga bisa disebabkan karena kesalahan transaksi. Surat batal bisa diterbitkan dalam bentuk berita acara atau format langsung surat konfirmasi. Berikut dua contoh yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Contoh 1 Contoh Surat Pembatalan Faktur Pajak karena Pembatalan atau Penundaan Transaksi Batal faktur pajak juga bisa disebabkan karena kesalahan transaksi. Surat batal bisa diterbitkan dalam bentuk berita acara atau format langsung surat konfirmasi. Berikut dua contoh yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Contoh Surat Pembatalan Faktur Pajak karena Pembatalan Transaksi Contoh Surat Pembatalan Faktur Pajak karena Penundaan Transaksi Dampak PPN Jika Faktur Pajak Dikembalikan Dampak PPN jika faktur pajak dikembalikan maka Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas penyerahan Barang Kena Pajak yang dikembalikan dapat dikurangkan dari Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang terutang dalam Masa Pajak terjadinya pengembalian Barang Kena Pajak tersebut sesuai dengan UU PPN Pasal 5A. Cara Pengajuan Pembatalan Faktur Pajak Online Sudah tahu contoh surat pembatalan faktur pajak lalu bagaimana cara pengajuannya? Sebenarnya pengajuan surat bisa dilakukan sendiri langsung dengan datang ke kantor pajak. Sampaikan juga apa yang menyebabkan faktur pajak tidak bisa diteruskan. Namun hal tersebut kini bukanlah cara permanen untuk membatalkan faktur pajak. Seiring dengan perkembangan dunia digital, pihak pajak juga telah mengembangkan cara pengajuan pembatalan faktur secara online, yaitu: Buka web resmi pajak “efaktur.pajak.go.id” Setelahnya akan muncul kolom login, gunakan NPWP dan password yang sudah dimiliki. Anda akan masuk ke bagian mula laman utama, lalu pilih kolom Faktur. Klik pada opsi Pajak Keluaran – Administrasi Faktur. Langsung pilih faktur pajak Anda yang ingin dibatalkan. Langsung klik Batalkan Faktur yang tersedia di bagian bawah. Tunggu beberapa saat hingga notifikasi batal akan muncul. Cara ini bisa langsung dilakukan pada perangkat yang sedang digunakan. Namun sebaiknya Anda menggunakan perangkat besar seperti PC atau minimal tablet untuk visualisasi yang utuh secara keseluruhan. Lewat cara satu ini Anda tidak perlu melihat contoh surat pembatalan faktur pajak lagi dan tidak perlu membuat suratnya sendiri. Cukup berbekal koneksi internet terbaik dan browser versi terbaru agar proses pembatalan online berjalan dengan lancar. Anda bisa menggunakan salah satu contoh surat pembatalan faktur pajak di atas untuk mengajukan pembatalan faktur. Dengan menggunakan software akuntansi dari Mekari Jurnal yang di dalamnya terdapat layanan fitur aplikasi pajak online dapat memudahkan Anda dalam mengurus semua perpajakan. Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! Terimakasih, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat baik untuk Anda dan bisnis Anda!