Panduan Lengkap E-Service INSW: Mempermudah Proses Impor dan Ekspor di Indonesia Highlights E-service INSW merupakan platform digital yang dikembangkan untuk menyederhanakan administrasi perdagangan Indonesia melalui sistem elektronik yang terintegrasi Tujuan dari pengembangan INSW adalah mempercepat akses, memangkas waktu dan biaya, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas E-Service INSW merupakan sebuah istilah yang umum digunakan khususnya pada konteks perdagangan internasional. Dalam hal ini, INSW menjadi aspek penting dalam mengelola trading impor dan ekspor menjadi Indonesia National Single Window (INSW) yang inovatif. Bagaimana caranya? Apa teknologi yang diadopsi dalam sistem untuk menciptakan efisiensi? Untuk memahami peran e-service INSW dalam pertumbuhan perdagangan Indonesia dan pengaruhnya ke dalam bisnis Anda, simak selengkapnya dalam artikel Mekari Jurnal berikut ini. Apa Itu E-Service INSW? E-Service INSW merupakan platform digital yang dirancang untuk mendukung pengelolaan proses impor dan ekspor di Indonesia. Penyelenggara dari layanan informasi ini dikelola oleh Lembaga National Single Window (LNSW) milik Kementerian Keuangan RI. Mengutip dari Kemenkeu Learning Center, INSW berfungsi untuk menangani berbagai dokumen untuk trading, mulai dari: Dokumen kepabeanan Dokumen kekarantinaan Dokumen perizinan Dokumen kepelabuhan/kebandarudaraan Dokumen lainnya yang berkaitan dengan ekspor dan impor Dokumen lainnya terkait logistik nasional secara elektronik Pengembangan e-service INSW sebagai bentuk inisiatif untuk modernisasi administrasi publik dengan menerapkan sistem elektronik pada sektor pemerintahan. Untuk itu, sistem INSW mengadopsi teknologi informasi berbasis digital, menjadi e-service INSW yang menawarkan kemudahan, transparansi, dan akuntabilitas dalam setiap tahap pengurusan dokumen kepabeanan. Lalu, pada 1 April 2021, LNSW (Lembaga National Single Window) telah meluncurkan INSW versi mobile untuk memudahkan pengguna dalam mengakses informasi dan fitur yang mereka butuhkan di mana saja dan kapan saja. Baca Juga: Mau Bisnis Impor Capai Triliunan? Pakai Langkah Ini! Manfaat Menggunakan E-Service INSW Utamanya, tujuan dan manfaat dari pengembangan e-service INSW oleh Kementerian Keuangan RI mencakup tiga hal berikut: 1. Efisiensi Proses Administrasi Pengembangan eservice INSW sejatinya untuk menyederhanakan proses administrasi dokumen perdagangan. Melalui sistem berbasis digital, kebutuhan akan dokumen fisik diminimalisir dan menutup berbagai risiko yang dapat terjadi jika dilakukan secara manual. Proses validasi dan verifikasi dokumen dapat berjalan lebih cepat karena integrasi data secara real-time dan pengeluaran persetujuan kepabeanan semakin cepat dan efisien. 2. Pengurangan Waktu dan Biaya Implementasi e-service INSW terbukti dapat menghemat waktu dan biaya operasional bagi pelaku bisnis. Proses pengajuan dokumen yang sebelumnya memakan waktu berhari-hari dapat terselesaikan dalam hitungan jam dengan sistem digital. Adanya pemangkasan proses dan birokrasi turut berdampak pada biaya admin dan biaya tidak terduga yang semakin rendah. Baca Juga: Kegiatan Impor Ekspor yang Menguntungkan Negara 3. Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Manfaat terakhir dari penerapan platform ini adalah membangun sistem administrasi yang transparan di mana para pengguna dapat memantau seluruh data dan proses secara online. Hal ini dapat menciptakan lingkungan bisnis yang lebih akuntabel dan meminimalkan potensi praktik korupsi dan penyalahgunaan wewenang yang kerap terjadi pada sistem manual. Cara Mengakses E-Service INSW Untuk menggunakan INSW, pertama-tama Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada sistem. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti: Akses situs resmi INSW yang bisa Anda kunjungi yaitu https://sso.insw.go.id/ Masuk ke menu pendaftaran dengan klik “Sign In” di bagian pojok kanan atas dan klik “Create a New Account“. Pada halaman ini, Anda akan diminta untuk mengisi informasi data pemohon termasuk organisasi/perusahaan. Setelah data telah terisi, seperti tujuan penggunaan, jenis perusahaan, NPWP perusahaan dan NITKU serta dokumen pendukung lainnya, sistem akan memverisikasi data Jika berhasil, pengguna akan menerima notifikasi keberhasilan pendaftaran melalui email yang berisi tautan aktivasi. Klik tautan tersebut untuk menyelesaikan proses registrasi Baca Juga: Proses Login dan Penggunaan Layanan Setelah Anda berhasil melakukan pendaftaran, maka Anda sudah bisa mengakses layanan e-service INSW. Update terbaru dari layanan INSW mengungkapkan bahwa sistem sudah mengadopsi mekanisme dengan sistem masuk yang lebih mudah namun dengan tingkat keamanan yang lebih kuat. Akses kembali halaman resmi INSW yaitu https://sso.insw.go.id Lakukan proses login dengan akun yang berhasil didaftarkan melalui https://account.insw.go.id Anda juga bisa melakukan login tanpa password dan OTP/MFA dengan menggunakan passkeys jika sudah mendaftarkannya Masa berlaku password Anda adalah selama 3 bulan sejak pendaftaran atau penggantian password terakhir Anda akan masuk ke menu utama, di mana terbagi dua yaitu Perizininan PE dan Produksi Perusahaan. Silahkan gunakan fitur e-service INSW sesuai kebutuhan, Anda juga bisa membaca instruksi penggunaannya melalui https://api.insw.go.id/assets/upload/cms/1617261852681_cms.pdf Baca Juga: 7 Tips agar Sukses Membangun Bisnis Ekspor Bagi Pemula Tanya Jawab (FAQ) Berikut adalah beberapa pertanyaan (FAQ) yang sering dicari oleh para penggunanya ketika hendak menggunakan INSW. Q: Apa Saja Syarat untuk Mendaftar di E-Service INSW? Jawaban: Untuk mendaftarkan organisasi Anda di eservice INSW, pengguna diwajibkan untuk menyiapkan dokumen pendukung seperti NPWP 16, SIUP, NIB, email aktif, nomor telepon aktif, dan surat kuasa dari perusahaan ke pendaftar. Q: Bagaimana Cara Memperbarui Data pada Sistem? Jawaban: Pengguna dapat memperbarui data yang dibutuhkan dengan mengakses akun dan memilih menu “Edit Profil” atau “Perbarui Data“. Q: Apakah Ada Biaya Pendaftaran atau Penggunaan? Jawaban: Untuk pendaftaran serta penggunaan fitur dari layanan INSW sendiri tidak dikenakan biaya sama sekali alisan gratis. Q: Apa yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Kendala Teknis? Jawaban: Apabila pengguna mengalami kendala teknis, terdapat beberapa layanan pengguna yang bisa diakses. Contact Center LNSW memiliki tiga layanan saluran yaitu via telepon, email, dan live chat. ilive chat di situs resminya yang bisa Anda gunakan, untuk telepon bisa melalui layanan 134 Kemenkeu Prime, dan Anda juga bisa melaporkan kendala teknis melalui email di info@insw.go.id. Kesimpulan E-service INSW menjadi sarana transformasi yang signifikan dalam proses perdagangan (impor/ekspor) di Indonesia yang lebih efisien. Dengan mengintegrasikan teknologi digital dalam sistem kepabeanan menandai pergeseran paradigma dari sistem manual ke sistem digital yang lebih aman dan mudah dijangkau. Baik pihak penyelenggara dan pihak pengguna merasakan berbagai manfaat yang signifikan. Adanya transparansi mendukung pengurangan potensi kesalahan administratif dan praktik korupsi yang dapat menghambat proses bisnis. Tidak hanya memberikan kemudahan dalam mengajukan dan memverifikasi dokumen trading, namun pelaku bisnis juga dapat mengoptimalkan operasional mereka dengan lebih cepat, mudah, dan akurat. Oleh karena itu, pahami lebih dalam mengenai mekanisme e-service INSW untuk perkembangan bisnis Anda. Lalu, apabila membutuhkan dukungan operasional mulai dari sistem akuntansi, perpajakan, hingga manajemen supply chain, maka Mekari Jurnal adalah solusinya. Mekari Jurnal merupakan software akuntansi terintegrasi yang mengadopsi teknologi cloud untuk kemudahan akses dan berbagai fitur unggulan yang telah didukung teknologi otomatisasi. Apabila tertarik, Anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut dengan tim kami secara gratis melalui tautan berikut, dapatkan free trial selama 7 hari! Konsultasi Gratis dengan Mekari Jurnal Sekarang! Referensi: INSW, “Panduan Sistem INSW”. INSW, “Beranda INTR”. INSW, “Buku Petunjuk Penggunaan Aplikasi (User Manual)”.