Iklan Advertorial untuk Pemasaran: Butuh Apa Aja? Iklan merupakan salah satu sarana promosi terbaik yang sangat efektif digunakan untuk meningkatkan penjualan. Dari waktu ke waktu, teknologi untuk melakukan pengiklanan sudah semakin canggih. Saat ini sudah ada konsep iklan advertorial yang menawarkan produk barang ataupun jasa secara halus. Sebenarnya konsep iklan ini sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu sebagai bentuk kreatif dari iklan pemasaran. Namun kini jenis iklan advertorial semakin populer. Iklan dalam bentuk advertorial ini sudah semakin banyak digunakan oleh para pelaku usaha professional untuk memikat pasar dengan cara yang lebih halus. Bahkan, kini semakin banyak bermunculan penyedia jasa penulisan iklan advertorial untuk memenuhi kebutuhan di kalangan pelaku usaha. Maka untuk itu, mari kenali iklan advertorial secara lebih lengkap agar Anda semakin mudah dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat. Tahukah Anda? Kalau Mekari Jurnal sebagai aplikasi akuntansi online bisa memudahkan Anda kelola keuangan perusahaan jadi lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Mekari Jurnal pada banner di bawah ini. Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Ciri, Syarat, dan Jenis-Jenis Iklan Sebelum membahas tentang jenis-jenis iklan, sebaiknya Anda mengetahui apa ciri-ciri dan syarat-syarat pembuatan iklan terlebih dahulu. Iklan memiliki beberapa ciri yang spesifik, di antaranya adalah pilihan kata yang digunakan sangat menarik, tepat, logis, dan sopan. Pilihan kata yang digunakan harus memiliki sugesti bagi khalayak ramai. Ketika membuat iklan, pilihlah penggunaan kata yang menarik dan unik agar pelanggan ada tertarik dengan iklannya. Perhatikan informasi yang disampaikan apakah sudah sesuai dengan target iklan atau belum. Baca Juga: Mengenal Iklan Advertorial dan Tips Membuatnya Sementara itu Anda juga penting sekali untuk memperhatikan syarat-syarat dari iklan, seperti objektif, jujur, jelas, mudah dipahami, tidak menyinggung pihak lain, dan harus menarik perhatian orang banyak. Iklan dapat dibedakan berdasarkan beberapa hal, seperti iklan berdasarkan media yang digunakan, dan iklan berdasarkan tujuannya. Iklan berdasarkan media yang digunakan terdiri dari iklan cetak, dan iklan elektronik. Sementara iklan berdasarkan tujuannya, dapat dibedakan menjadi iklan komersial, iklan taktis, dan iklan strategis. Iklan Advertorial Iklan Advertorial merupakan bentuk periklanan yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik. Advertorial ini berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris yaitu Advertising dan Editorial. Advertising merupakan penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa. Sementara editorial merupakan pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari redaksi. Tujuan utama dari iklan advertorial adalah untuk memperkenalkan serta mempromosikan suatu kegiatan, produk, atau jasa dari perusahaan kepada khalayak umum. Sedangkan fungsi utamanya adalah untuk pendamping, penerjemah, sekaligus penafsir iklan yang terdapat di media massa. Baca Juga: Memanfaatkan Iklan Gratis untuk Strategi Penjualan Biasanya dalam membuat iklan advertorial, terdapat dua fokus promosi yang bisa dikembangkan, yaitu: Promosi aktivitas perusahaan, seperti aktivitas pengabdian masyarakat atau bahkan acara gathering yang digelar. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan intensitas perusahaan dalam menjalankan fungsi pengabdian masyarakat atau bahkan untuk menunjukkan seberapa banyak klien atau nasabah dari perusahaan tersebut. Promosi produk, seperti informasi mengenai khasiat tertentu dari kandungan produk, masalah yang sering muncul di masyarakat dan teratasi berkat produk tersebut, atau masih banyak lagi. Secara langsung, iklan ini menggiring pembaca untuk menganggap bahwa produk tersebut memang berkualitas, berkhasiat dan menjadi solusi terbaik. Jenis dan Sifat-sifat Iklan Advertorial Jenis iklan advertorial dibedakan berdasarkan materi pesan yang disampaikan dalam penulisannya, yaitu advertorial produk, advertorial jasa, advertorial korporat atau perusahaan, dan advertorial pemerintah. 1. Advertorial Produk Advertorial produk, membahas mengenai produk apa saja yang ingin disajikan ke masyarakat. Bentuk advertorial ini umumnya berisi artikel yang mengedukasi atau menginformasikan pembaca tentang fitur, manfaat, dan penggunaan produk tertentu. 2. Advertorial Jasa Advertorial jasa, menyajikan layanan jasa yang ditawarkan pada khalayak umum. Advertorial jenis ini sangat umum digunakan oleh perusahaan di bidang jasa, seperti layanan keuangan, asuransi, teknologi, pendidikan, dan kesehatan 3. Advertorial Korporat Sedangkan advertorial korporat atau perusahaan, dalam penulisannya membahas tentang keberadaan dan kegiatan suatu perusahaan atau instansi yang bersangkutan. 4. Advertorial Pemerintah Kemudian advertorial pemerintahan membahas mengenai aktivitas di bidang pemerintahan atau potensi suatu daerah. Sifat-sifat advertorial terdiri dari: Informatif, yaitu iklan memiliki sifat memberitahukan atau memperkenalkan produk, jasa, dan kegiatan yang ditawarkan. Advertorial informatif ini menggunakan gaya penulisan langsung atau straight news. Eksplanatif, yaitu bersifat menjelaskan dan menguraikan produk, jasa, dan kegiatan secara langsung. Interpretif, yaitu bersifat menginterpretasikan informasi atas produk, jasa, dan kegiatan yang dilakukan dengan memberikan sejumlah komentar atau keterangan. Persuasif, yaitu bersifat membujuk khalayak umum untuk mengikuti apa yang dikehendaki oleh penulis atau pembuat iklan. Influentif, yaitu bersifat mendorong adanya aksi dari khalayak umum dan mengarahkan timbulnya suatu tindakan. Memuji, yaitu bersifat memberikan pujian atas informasi yang diberikan agar khalayak umum menjadi mudah untuk tertarik. Argumentatif, yaitu bersifat membuktikan sesuatu dengan pemberian argumen dan uraian-uraian yang analitis. Eksploratif, yaitu bersifat mengungkapkan dan menjelaskan secara mendalam informasi yang diberikan pada khalayak umum. Tips Membuat Konsep Iklan Advertorial Berikut ini beberapa panduan dalam membuat konsep sebuah iklan advertorial yang dapat Anda coba. 1. Gaya Bahasa yang Ringan Biasanya berita atau artikel advertorial sengaja ditulis untuk menjadi informasi selingan dalam sebuah muatan blog, majalah, surat kabar, atau lainnya. Oleh karena itu, format advertorial harus ringan, tidak berkepanjangan dengan muatan bahasan yang tidak terlalu padat. Apabila tulisan yang disajikan terlalu padat dan berat, maka pesan utama dari advertorial tidak akan tersampaikan dengan baik. Hingga pada akhirnya pembaca hanya akan dibuat bingung oleh materi tulisan. 2. Harus Berisi Manfaat Produknya Iklan jenis ini harus dibuat atau ditulis dalam format layaknya sebuah berita atau artikel. Anda juga perlu menyampaikan informasi secara tulus untuk membuat pembaca mendapatkan informasi mengenai khasiat, manfaat dan informasi penting lainnya. Selain itu, advertorial juga harus disajikan dengan gaya penulisan yang membuat para pembaca tidak menyadari bahwa tulisan tersebut hanya iklan semata. 3. Gunakan Gaya Bahasa Soft Selling Sebaiknya hindari penggunaan bahasa pemasaran secara langsung. Bahasa pemasaran langsung yang penuh bujukan frontal seperti “segera dapatkan” atau “beli sekarang juga” dan sejenisnya, bukan merupakan bahasa yang layak dalam sebuah advertorial. Anda harus mencuri perhatian pembaca dengan judul menarik yang membuat mereka berpikir bahwa artikel yang Anda buat akan sarat informasi dan dapat menggiring opini pembaca secara eksplisit untuk menyukai produk atau perusahaan Anda. Jangan lupakan CTA yang berkesan, dijamin pelanggan Anda akan tergugah emosionalnya! Tips Penulisan Iklan Advertorial Tantangan membuat iklan advertorial adalah bagaimana mengemas tulisan agar pembaca tertarik dan tidak sepenuhnya merasa artikel tersebut hanya sebagai iklan saja, namun mendapatkan manfaat informasi juga. Untuk memenuhi hal tersebut, maka ada beberapa tips penulisan iklan advertorial yang harus dipenuhi, antara lain: 1. Perhatikan Paragraf Kalimat dan kata-kata yang digunakan harus sesingkat dan sepadat mungkin. Sebagai contoh tulislah “rumah”, bukan “kediaman”, tulisan kata “jika” digunakan untuk menghemat kata “apabila”. 2. Efektifkan Halaman posting-an Usahakan agar setiap posting-an iklan tidak lebih dari satu halaman atau selembar kertas saja. Karena iklan sifatnya berada artikel blog, penting untuk Anda membuat pelanggan menoleh dengan keterbatasan tempat itu. 3. Hindari Gaya Bahasa yang Berlebihan Jauhi juga kata-kata yang terlampau memuji-muji diri sendiri. Hindari ekspresi yang serba hebat, seperti “terbesar di dunia”, “termegah di abad ini”, dan lain sebagainya. 4. Terapkan Gaya Bahasa Soft Selling Gunakan bahasa yang mencuri perhatian pembaca yang menunjukkan bahwa artikel tersebut berisi informasi yang berguna dan relevan secara natural. 5. Perhatikan Proporsi Iklan dengan Editorialnya Unsur editorial dalam iklan advertorial harus lebih kuat ketimbang muatan iklannya. Jika ke 5 tips penulisan iklan advertorial di atas dapat dijalankan dengan baik, maka bukan tidak mungkin, strategi pemasaran melalui konten informasi advertorial dapat menjadi proses edukasi sekaligus mengenalkan produk kepada pembaca tanpa mereka sadari. Kelebihan Iklan Advertorial Sebagai Strategi Pemasaran Lebih disukai karena terkesan tidak menggurui pembaca tentang suatu produk atau informasi penting lainnya. Dapat menimbulkan kesan yang lebih meyakinkan kepada pembaca karena iklan ditulis dengan memperhatikan kaidah jurnalistik. Sehingga cara yang digunakan untuk menggiring pembaca adalah dengan bahasa persuasif, seperti menjabarkan contoh pengalaman nyata atau fakta di lapangan. Potensi yang lebih besar dalam mencapai target penjualan. Biaya lebih murah dibanding dengan iklan display. Jenis iklan advertorial menyajikan hal yang berbeda dalam beriklan karena dibuat dalam bentuk tulisan editorial atau artikel yang dimuat di media cetak, jurnal, atau website. Dengan penggunaan iklan seperti ini, pembaca akan lebih mudah dalam menerima informasi seperti layaknya membaca artikel, padahal yang dibacanya adalah iklan terselubung. Pesan iklan yang disampaikan secara halus dan memang seringkali tidak disadari oleh pembaca. Advertorial memang cukup menarik untuk Anda jadikan sebagai salah satu strategi pemasaran. Menyusun strategi pemasaran yang tepat memang sangat penting untuk menunjang kemajuan perusahaan Anda. Selain itu, pengelolaan keuangan yang baik juga harus Anda terapkan. Mekari Jurnal menyediakan banyak layanan program akuntansi online yang aman dan andal. Kini Anda dapat memanfaatkannya untuk semakin menunjang kesuksesan perusahaan. Dengan bantuan software akuntansi terbaik dari Mekari Jurnal, proses pengelolaan keuangan perusahaan seperti pembukuan, pengadministrasian dan operasional perusahaan akan lebih mudah dan hemat waktu. Pelajari selengkapnya melalui website Mekari Jurnal! Pastikan jika bermanfaat, jangan lupa balik lagi ke sini ya!