Daftar Isi
8 min read

Pemasaran Tepat untuk Bisnis Furniture dengan Pembukuan Simple

Tayang 25 Feb 2025
Di tulis oleh: Hafid Ichsan Hafidh Ichsan

Anda ingin menjalankan bisnis furniture? Bagaimana strategi pemasaran atau cara memasarkan produk furniture yang sesuai dengan target pasar Anda?

Simak penjelasan Blog Mekari Jurnal, siapa tahu Anda menemukan peluang kerjasama dalam bisnis furniture.

Pelaku bisnis furniture sebisa mungkin mempertahankan kualitas produk agar bisa tetap bertahan di tengah pasar yang semakin hari kian kompetitif.

Pertumbuhan perekonomian di Indonesia yang semakin hari semakin berkembang menambah dukungan teknologi yang terus maju, secara tidak langsung mendorong perusahaan furniture agar terus meningkatkan produksinya.

Prospek untuk memulai bisnis furniture masih cukup bagus. Tetapi untuk menjalankan bisnis Anda tetap bertahan tentu membutuhkan usaha yang tidak mudah karena kompetisi bisnis sudah semakin ketat.

Untuk menyiasati kondisi tersebut, berikut ada beberapa strategi pemasaran yang berguna untuk menguasai bisnis furniture.

Peluang Mendapatkan Keuntungan Melalui Bisnis Furniture

Bisnis furniture merupakan bisnis yang berkembang saat ini. Terjun ke dalam dunia wirausaha dengan memanfaatkan skill desain, skill penjualan dan mempunyai pengalaman di bidang furniture merupakan awal yang baik untuk mengawali bisnis furniture.

Namun Anda harus mengetahui target pasar Anda. Jadi Anda mengetahui furniture yang Anda jual akan cocok menjual di pasar yang seperti apa.

Umumnya furniture berbahan baku dari kayu. Ada beberapa tipe kayu yang dapat Anda gunakan untuk membuat furniture.

Sebelum memulai bisnis ini, Anda perlu mengetahui apa saja seperti kebutuhan dalam proses produksi furniture. Perhatikan peralatan apa saja yang dibutuhkan dan cara membuat furniture.

Tempat berlangsungnya usaha serta kebutuhan lainnya sebagai penunjang perkembangan bisnis tersebut.

Pengembangan desain merupakan kunci utama dalam menguasai bisnis furniture agar bisnis Anda dapat mampu bersaing di pasar global.

Desain merupakan bagian yang sangat penting bagi sebuah produk furniture.

Selain desain dari produk, kualitas serta bahan produk menjadi salah satu pilihan konsumen.

Strategi pemasaran yang tepat juga tidak kalah penting dalam menjangkau pasar desain.

Desain yang unik, kreatif dan kental dengan nuansa lokal maupun internasional menjadi daya tarik yang banyak dicari konsumen menguasai bisnis.

Kekayaan alam yang sangat luas juga dapat menjadi sumber inspirasi tanpa batas bagi para desainer yang berani berinovasi dan berkreasi untuk memulai bisnis furniture.

Selain kekayaan alam, Pengembangan desain dengan konsep baru merupakan suatu cara yang diperlukan saat ini. Teknologi digital dan modern adalah masa yang tidak terelakkan.

Tren produk saat ini sangat berkembang dan akan membantu para pelaku usaha untuk menghasilkan ide-ide dalam berkarya.

Baca Juga: Pentingnya Manajemen Produk dalam Pengembangan Bisnis

Tips Memulai Bisnis Furniture

Ada tips awal yang dapat Anda terapkan jika Anda baru memulai bisnis furniture:

1. Tentukan Target Pasar

Dalam mengawali bisnis furniture, Tentukan dahulu target pasar supaya Anda tidak mengalami kerugian.

Karena model dan kualitas sangat tergantung pada target pasar yang dituju. Misalnya furniture untuk restoran, rumah, hotel atau sebagainya.

2. Temukan Lokasi Usaha yang Strategis

Jika Anda sudah mengetahui target pasar Anda, maka selanjutnya lokasi yang strategis adalah masalah yang perlu Anda pikirkan.

Carilah lokasi strategis yang sering dikunjungi orang saat ingin berbelanja furniture.

3. Penuhi Kebutuhan di Galeri atau Tempat Penjualan Furniture

Galeri atau tempat berjualan membutuhkan beberapa perlengkapan diantaranya sebagai berikut:

  • Mesin produksi: Gergaji, Mesin Serut
  • Gudang penyimpan bahan baku (Kayu Mentah) atau Furniture yang sudah Jadi jika Anda tidak memproduksi secara langsung.
  • Bahan Finishing: Amplas, Pernis, Cat, dan Mata Bor
  • Karyawan: Jika Anda ingin memproduksi sendiri, pastikan karyawan Anda sudah mempunyai keterampilan dalam mendesain furniture supaya loyalitas produk Anda akan kenal dengan kualitas baik.

Namun, jika Anda lebih memilih menjual langsung furniture yang sudah jadi, maka karyawan yang ramah dan pintar dalam berjualan merupakan pilihan Anda.

Strategi Pemasaran Produk pada Bisnis Furniture

Ikuti langkah-langkah ini sebagai cara untuk memasarkan produk furniture sesuai dengan cara menentukan target pasar yang Anda inginkan:

1. Tentukan Target Market Bisnis Furniture

Pilihlah target market yang sesuai dengan produk yang Anda jual.

Dengan menentukan target market atau pasar secara tepat, maka Anda akan menjadi lebih fokus dalam menentukan strategi pemasaran produk pada bisnis furniture Anda.

2. Promosikan Bisnis Furniture Anda

Ada berbagai cara agar bisnis furniture Anda dapat mengenal secara luas oleh masyarakat atau target market.

Cara memasarkan produk furniture bisa dengan memasang spanduk, membuat promosi, membagikan brosur, memasang iklan di majalah dan yang tidak boleh terlupakan adalah menggunakan kekuatan sosial media.

Yang perlu diingat dalam setiap iklan adalah membuatnya semenarik mungkin sehingga bisa menguras perhatian banyak orang ke produk Anda.

3. Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Investasikan dalam pelatihan karyawan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam produksi dan pelayanan.

Karyawan yang terampil dan termotivasi akan berkontribusi pada peningkatan kualitas produk dan kepuasan pelanggan.

Baca Juga: 7 Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM Bagi Perusahaan

4. Penataan Toko Secara Rapi dan Menarik

Strategi pemasaran untuk produk furniture selanjutnya adalah dengan memperhatikan penampilan dari Toko atau Bisnis Anda yang merupakan sesuatu yang terpenting.

Pastikan penataan toko Anda terlihat rapi dan menarik, dengan begitu calon customer tertarik untuk berkunjung ke toko furniture Anda.

Anda bisa menata toko Anda se-kreatif mungkin agar customer pun tidak akan bosan ketika datang.

5. Riset dan Pengembangan Produk

Lakukan riset pasar untuk memahami tren desain dan preferensi konsumen terkini.

Cobalah menciptakan koleksi eksklusif dengan sentuhan lokal atau gaya modern yang unik untuk membedakan produk Anda dari pesaing.

Dengan demikian, Anda dapat mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera pasar, sehingga meningkatkan daya saing bisnis Anda.

6. Kerjasama Bisnis Furniture dengan Pengembang Perumahan 

Anda bisa menjalin peluang kerjasama antara bisnis furniture dengan pengembang perumahan yang ada di daerah Anda.

Beberapa pengembang perumahan biasanya memberikan promo khusus untuk furniture kepada pembeli rumah baru.

Ini kesempatan bagi Anda untuk dapat menjual produk dengan kuantitas yang lebih besar.

7. Pengelolaan Bahan Baku yang Efisien

Pastikan Anda memiliki pemasok bahan baku yang andal dan berkualitas.

Pengelolaan stok bahan baku yang baik akan membantu menghindari kekurangan atau kelebihan persediaan, serta menjaga kualitas produk tetap tinggi

Baca Juga: Memahami Raw Material Inventory: Manfaat, Rumus, dan Contoh Perhitungan

8. Pelayanan yang Memuaskan

Pelayanan adalah cara Anda mendekatkan hubungan baik antara pembeli dan penjual.

Keramahan dan sikap yang baik akan memberikan kesan positif kepada pembeli.

Pelayanan di sini akan sangat menentukan apakah pelanggan akan datang lagi ke toko Anda atau tidak.

9. Sistem Keuangan yang Komprehensif

Pastikan sistem keuangan Anda dan laporan lainnya dapat terkelola dengan baik seperti pembukuan akuntansi, laporan pemasukan dan pengeluaran lainnya.

Dengan adanya aplikasi pembukuan keuangan pada bisnis Anda, akan dapat membantu Anda mengelola Bisnis Anda dengan lebih simple.

Bisnis Anda akan merasakan berbagai manfaat, seperti:

  • Efisiensi Waktu dan Tenaga: Proses akuntansi yang otomatis mengurangi waktu yang diperlukan untuk pencatatan manual dan meminimalkan kesalahan manusia.
  • Akurasi Data: Data keuangan dicatat dengan lebih akurat, mengurangi risiko kesalahan yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan.
  • Pemantauan Arus Kas: Menyediakan pemantauan arus kas secara real-time, membantu Anda mengelola likuiditas dan memastikan ketersediaan dana untuk operasional sehari-hari.
  • Kemudahan Akses: Data keuangan dapat diakses kapan saja dan di mana saja, memudahkan Anda dalam memantau kinerja bisnis dan membuat keputusan tepat waktu.

Manfaat ini semua dapat Anda rasakan dengan memanfaatkan software pembukuan online seperti Mekari Jurnal.

Coba Fitur Pembukuan Digital Mekari Jurnal Sekarang!

Beberapa Pilihan Usaha dalam Bisnis Furniture

Bisnis furniture memiliki berbagai macam pilihan usaha. Anda harus mempersiapkan berbagai persiapan seperti kemampuan menjual dan memiliki pemahaman yang baik terhadap Bisnis yang Anda geluti.

Ada beberapa pilihan usaha yang dapat Anda geluti di dunia Furniture:

1.Bisnis Jual Furniture

Anda bisa langsung menjual furniture yang sudah jadi. Anda akan disebut reseller dari penjual Anda.

Di awal tentunya ada modal yang harus disediakan untuk furniture yang sudah jadi.

2.Bisnis Pemasaran Furniture

Anda bisa memulainya dari mencari penjual yang memiliki kesulitan dalam memasarkan furniturenya, kemudian Anda bisa membantu untuk menawarkan menjualnya.

3.Bisnis Reseller Furniture

Anda bisa mencari peluang kerjasama dari beberapa supplier yang menjual furniture unik dan bagus untuk dijual kembali dalam bisnis Anda.

Belilah dengan harga terjangkau dan kemudian dijual dengan harga diatas harga Anda beli.

Baca Juga: Apa itu Reseller? Ini Sistem, Cara Kerja, Strategi, & Tipsnya

4.Bisnis Reparasi Furniture

Anda memiliki keahlian untuk memperbaiki furniture? Anda bisa mempergunakan keahlian Anda menjadi sesuatu yang menghasilkan uang.

Kelola Bisnis Furniture dengan Menggunakan Software Akuntansi Mekari Jurnal

Tips yang telah disebutkan  dapat menjadi salah satu pondasi utama yang akan membantu Anda jika ingin memulai bisnis furniture.

Selain itu lakukan penawaran produk kepada warga sekitar misalnya membuat satu terlebih dahulu jika banyak peminatnya, Anda bisa memproduksi lebih banyak dan mengurangi resiko kerugian.

Semua Bisnis pasti akan mengalami kesulitan dan masalah. Seperti pembukuan yang tidak terkelola. Anda harus memperhatikan setiap laporan dalam pembukuan.

Dimulai dari laporan pemasukan dan pengeluaran, penggunaan aplikasi invoice dan kwitansi, faktur piutang pembeli Anda dan sebagainya. Saat ini mungkin sebagian dari pasar memiliki pembukuan yang dilakukan secara manual.

Namun, sudah ada beberapa perusahaan yang menawarkan software pembukuan atau software akuntansi yang akan meringankan beban Anda.

Anda juga harus memperhatikan masalah pembukuan seperti laporan pengeluaran dan pemasukan. Pastikan Anda tidak salah dalam menghitung,

Jika Anda salah bisa jadi Anda mengalami kerugian bukan keuntungan. Gunakan aplikasi pembukuan yang juta terdapat di software akuntansi seperti dari Mekari Jurnal.

Dengan zaman yang serba teknologi pun, Anda juga dapat menggunakan software akuntansi yang akan mempermudah Bisnis Anda.

Tunggu apa lagi? Ayo daftarkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang juga!

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah sekilas informasi tentang strategi pemasaran atau cara memasarkan produk furniture yang sesuai dengan target pasar Anda yang telah dijelaskan oleh Blog Mekari Jurnal, mana tahu Anda menemukan peluang kerjasama dalam bisnis furniture.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial software inventory milik Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

 

 

Referensi:

WebFX, “7 Digital Marketing Ideas for Furniture Stores”.

Plytix, “Furniture Marketing Strategy: How to Increase Sales & Revenue”.

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami