Daftar Isi
5 min read

Customer Focus: Pengertian & Strateginya yang Ampuh!

Tayang 14 Apr 2025
Di tulis oleh: Author Avatar Desy
Highlights
  • Customer focus adalah pendekatan bisnis yang menempatkan kebutuhan, kepuasan, dan pengalaman pelanggan sebagai prioritas utama dalam setiap aspek operasi perusahaan.

  • Jenis customer focus meliputi personalized service yang disesuaikan dengan preferensi pelanggan dan proactive support yang mengantisipasi kebutuhan pelanggan sebelum mereka menyadarinya.

  • Contoh: Amazon menawarkan pengiriman cepat dan kebijakan pengembalian yang mudah, sementara Starbucks memberikan program loyalitas yang menghargai pelanggan setia.

Apabila ingin mengembangkan sebuah bisnis dari nol, tentunya akan ada banyak sekali aspek yang harus dipertimbangkan, tak terkecuali customer focus.

Karena menjalankan bisnis tidak hanya sekedar tentang mengelola produk, melainkan harus berhasil menjual kepada pelanggan semaksimal mungkin.

Tetapi dalam aktivitas penjualan tersebut, ternyata ada faktor lain yang juga harus dipertimbangkan agar bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar.

Salah satunya adalah memahami customer focus, mari simak sampai habis!

Pengertian Customer Focus

4 Alasan Kenapa Bisnis Butuh Perencana Keuangan

Customer focus adalah suatu bentuk rangkaian pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Customer focus bisa dibilang merupakan bagian dari suksesnya sebuah bisnis.

Customer focus membuat pemilik bisnis lebih paham kebutuhan yang paling diperlukan oleh pelanggan. Sehingga nantinya bisa dilakukan perencanaan agar bisnis lebih berkembang.

Tujuan Customer Focus

Tujuan utama dari customer focus adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Customer focus juga berperan penting untuk suksesnya sebuah bisnis.

Setiap pelanggan dan bisnis memiliki jenis dan strategi customer focus yang berbeda-beda satu sama lain.

Masing-masing keadaan tidak bisa disamakan karena karakter dan juga tipe bisnis yang dijalankan berbeda satu sama lain.

Berikut adalah tujuan customer focus bagi bisnis Anda:

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Melalui customer focus, harapannya adalah bisnis Anda akan memperoleh timbal balik yang positif dari para pelanggan.

Dengan memahami kebutuhan pelanggan, Anda nantinya akan bisa memberikan layanan yang lebih baik dan pengalaman yang memuaskan.

2. Membangun Loyalitas Pelanggan

Sepertinya siapapun akan sepakat jika salah satu kunci sukses dari sebuah bisnis adalah adanya pelanggan yang loyal pada produk yang kita jual.

Maka untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, Anda membutuhkan strategi khusus agar kebutuhan dan pengalaman membeli mereka bisa memiliki kesan positif.

3. Memperkuat Hubungan Pelanggan

Selanjutnya, costumer focus juga bertujuan untuk membangun hubungan yang lebih erat dan saling percaya dengan pelanggan melalui komunikasi yang baik.

Cara yang paling mudah dalam hal ini adalah dengan memaksimalkan staf dan komunikasi produk Anda agar sesuai dengan karakteristik mereka.

4. Meningkatkan Reputasi Merek

Meningkatkan citra perusahaan dengan pelayanan yang memprioritaskan kebutuhan pelanggan juga menjadi salah satu tujuan dari customer focus.

Anda bisa memanfaatkan strategi pemasaran yang lebih menarik dan unik, tetapi sesuai dengan karakteristik pelanggan Anda.

5. Mengidentifikasi Peluang Bisnis Baru

Kemudian yang terakhir adalah bertujuan untuk menemukan peluang pengembangan produk atau layanan baru yang sesuai dengan permintaan pelanggan.

Sehingga ragam produk dan layanan yang Anda berikan nantinya bisa lebih lengkap, seperti menjadi suatu ekosistem yang saling terhubung.

Note: Perusahaan dapat menentukan peringkat pelanggannya menurut pembelian terakhir, frekuensi dan nilai moneter seperti Recency,MonetaryValue, dan Frequency serta hanya mengirimkan penawaran kepada pelanggan yang memiliki nilai transaksi tertinggi. 

Strategi Membangun Customer Focus yang Efektif

Memahami customer penting dilakukan agar bisa menerapkan nilai dan tujuan suatu perusahaan. Jadi pelanggan akan lebih tersentralisasi dan target pasar selalu berada di area yang tepat.

Untuk membangun customer focus yang efektif, berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan:

1. Mempererat kolaborasi

Ketika fokus dari suatu perusahaan berada pada pelanggan, maka kolaborasi antara perusahaan dan pelanggannya tentu akan terjadi dengan mudah.

Pelanggan yang paham akan kebutuhannya dan opininya didengar oleh perusahaan, akan membantu perusahaan untuk membuat produk yang lebih sesuai dengan permintaan pasar.

Dengan begini, kolaborasi antar tim penjualan dan produksi akan terjalin dan bisa membuat produk yang sesuai dengan harapan pasar.

Penjualan juga semakin meningkat ketika produk yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pasar.

2. Buat Pelanggan Merasa Didengar

Customer focus yaitu suatu kegiatan dari perusahaan yang melimpahkan fokusnya terhadap pelanggan. Hal ini dikarenakan pelanggan adalah prioritas yang penting.

Penanganan pelanggan yang baik dan professional akan memberikan dampak yang bagus untuk perusahaan.

Dengan pelanggan yang merasa didengar dan dipedulikan, mereka akan lebih percaya kepada perusahaan dan produk-produk Anda.

CTA Jurnal

3. Menggunakan Kritik dan Saran dari Pelanggan

Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin paling tahu tentang apa produk Anda dan bagaimana cara kerjanya.

Tetapi pelanggan Anda yang paling paham apakah produk Anda benar-benar bisa bermanfaat saat digunakan atau tidak.

Inilah yang membuat pentingnya mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan. Karena bagaimanapun juga mereka adalah pengguna produk Anda seutuhnya.

Sehingga mereka tahu betul apakah produk Anda benar-benar sukses digunakan atau tidak.

4. Menggunakan Data dan Empati

Customer focus akan membuat Anda memiliki banyak data dari pelanggan. Entah itu berupa kritik dan saran, maupun hanya sekedar komplain dari pelanggan.

Seluruh data ini dapat diolah dengan baik dan membantu Anda untuk meningkatkan produksi Anda selanjutnya.

Menggabungkan data tersebut dengan empati akan membuat Anda lebih memahami apa yang diinginkan pelanggan.

Jadi Anda akan membuat suatu produk yang lebih tepat sasaran pada target pasar. Hal ini lebih baik dibanding mengirim ratusan email pemasaran yang mengganggu.

5. Gunakan Banyak Channel

Permudah cara pelanggan Anda untuk menghubungi Anda. saat ini ada banyak sekali teknologi yang tersedia untuk melakukan sebuah komunikasi.

Anda sebaiknya memiliki opsi komunikasi yang lebih beragam dan jangan hanya terpaku pada email ataupun nomor telepon.

Anda sangat bisa menambahkan akun sosial media atau bahkan nomor whatsapp agar mempermudah pelanggan menghubungi Anda.

Ini merupakan salah satu bukti bahwa Anda peduli terhadap pelanggan. Mengingat teknologi sudah semakin canggih dan hampir semua orang paham penggunaan sosial media.

Mekari Jurnal Mempermudah Operasional Budgeting Anda

Untuk mempermudah jalannya bisnis Anda, customer focus juga dapat ditingkatkan dengan penggunaan aplikasi laporan keuangan seperti Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal sebagai software akuntansi online dapat memberikan berbagai kemudahan dalam laporan keuangan bisnis Anda secara lebih efektif dan efisien dari segi waktu.

Penanganan pelanggan saat ini bisa menggunakan software aplikasi seperti Mekari Jurnal yang menyimpan data pelanggan sehingga customer focus perusahaan bisa menyesuaikan kebutuhan pelanggan.

Mekari Jurnal dapat melihat kemampuan perusahaan dalam melakukan pembiayaan melalui laporan keuangan, maupun beban biaya yang telah ditanggung dari periode sebelumnya.

Mekari Jurnal juga dapat memberikan dukungan analisis keuangan dan konsultasi ahli dari beberapa konsultan keuangan yang dimiliki.

Dapatkan semua informasi penting Mekari Jurnal, coba gratis selama 14 hari, sekarang!

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami