Daftar Isi
6 min read

Strategi & Tips Mengatur Keuangan Efektif untuk UMKM

Tayang 13 Jun 2022
Diperbarui 7 Apr 2025
Key Highlights
  • Strategi manajemen keuangan sangat penting diterapkan oleh UMKM demi meningkatkan optimalisasi pengelolaan dan transparansi keuangan bisnis.
  • Memisahkan keuangan untuk berbagai kegiatan UMKM merupakan cara untuk menjaga alur keuangan tetap stabil. Contohnya adalah memisahkan keuangan untuk kegiatan pendanaan, pembelanjaan, investasi, dan kebijakan dividen.
  • Selanjutnya, Anda juga dapat membagi jenis administrasi untuk memanajemen pengelolaan keuangan bisnis UMKM, yaitu administrasi piutang, utang, persediaan, aset tetap, kas, dan penggajian.
  • Untuk mencapai stabilitas finansial, UMKM dapat menerapkan tips dan strategi pengelolaan keuangan berikut: memisahkan keuangan pribadi dan bisnis, menyusun rencana pengeluaran, mencatat seluruh transaksi keuangan, mengevaluasi arus kas secara berkala, dan membentuk dana darurat. 

Berikut adalah penjelasan tentang strategi manajemen pengelolaan keuangan yang praktis bagi UMKM sebagaimana akan diulas oleh Blog Mekari Jurnal!

Mendapatkan keuntungan yang konsisten tentu menjadi salah satu impian terbesar bagi setiap pebisnis.

Karena dalam menjalankan bisnis, uang merupakan sebuah ujung tombak.

Oleh sebab itu, pengelolaan uang yang bijak menjadi hal yang sangat penting demi kelangsungan bisnis.

Pengelolaan uang yang kurang baik nantinya akan mempengaruhi pembukuan toko Anda.

Jika uang tidak diatur secara cermat, maka pemasukan dan pengeluaran akan menjadi rancu.

Bagi Anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis, pastikan Anda telah memiliki strategi dan manajemen keuangan yang tepat.

Pada artikel ini akan dibahas manajemen keuangan bagi bisnis UMKM.

Manajemen Pengelolaan Keuangan Bisnis UMKM yang Tepat

Manajemen keuangan merupakan suatu proses dalam pengaturan aktivitas atau kegiatan keuangan dalam suatu bisnis.

Termasuk kegiatan perencanaan, analisis, serta pengendalian terhadap kegiatan keuangan.

Selain itu, manajemen keuangan juga dapat diartikan sebagai seluruh aktivitas atau kegiatan bisnis yang berhubungan dengan upaya untuk mendapatkan dana perusahaan dengan cara meminimalkan biaya serta upaya penggunaan dan pengalokasian dana secara efisien dalam memaksimalkan nilai bisnis.

Kegiatan keuangan tidak saja berlangsung pada bagian atau fungsi keuangan saja, tetapi juga pada bidang atau fungsi bisnis lainnya.

Namun pada bidang keuangan, pada umumnya kegiatan keuangan lebih bersifat strategis.

Lalu, bagi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh bagian keuangan terkait strategi manajemen pengelolaan keuangan yang praktis bagi UMKM adalah sebagai berikut agar pengelolaan keuangan jauh lebih efektif:

1. Kegiatan pendanaan atau pembelanjaan

Bagian keuangan akan memikirkan bagaimana cara dan dari mana bisnis akan memperoleh dana.

2. Kegiatan investasi

Bagian keuangan akan memikirkan bidang-bidang investasi mana saja yang paling menguntungkan untuk menanamkan dana yang terkumpul dalam bisnis.

3. Kegiatan kebijakan dividen

Keuntungan dari kegiatan investasi selanjutnya akan dipertimbangkan oleh bagian keuangan. Apakah semuanya akan dibagikan kepada pemilik sebagai dividen atau ditahan semuanya untuk membiayai pertumbuhan dan perkembangan bisnis.

Baca juga: 6 Tips Membangun Manajemen Keuangan UKM

Jenis Administrasi UMKM untuk Mengatur Manajemen Keuangan

Untuk mengefektifkan berbagai fungsi dalam manajemen pengelolaan keuangan bisnis, terdapat tugas administrasi yang sebaiknya dilaksanakan oleh para pelaku UMKM.

Ketertiban pencatatan administrasi juga sangat bermanfaat sebagai salah satu alat perencanaan pengembangan bisnis.

Beberapa kegiatan dan strategi manajemen keuangan praktis yang perlu dilaksanakan oleh para pelaku UMKM adalah sebagai berikut:

  1. Administrasi piutang, merupakan catatan yang penting sebagai informasi internal dan eksternal.
  2. Administrasi utang, merupakan kewajiban pebisnis kepada pihak eksternal. Pencatatan utang bisnis sama pentingnya dengan piutang. Laporan keuangan tentang posisi utang akan memberikan peringatan kepada para pelaku bisnis untuk melakukan berbagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan munculnya kesulitan keuangan UMKM dalam membayarkan kembali utangnya.
  3. Administrasi persediaan, memiliki peran yang strategis baik bisnis yang bergerak di bidang perdagangan maupun bisnis manufaktur.
  4. Administrasi aset tetap, berfungsi untuk menunjukkan kapan suatu barang dibeli. Serta bagaimana menentukan tingkat penyusutan dan mulai berlakunya, serta waktu berakhirnya.
  5. Administrasi kas, berguna dalam memberikan informasi tentang berapa jumlah uang kas yang masuk dan kas yang keluar. Sehingga keseimbangan antara penerimaan dan pengeluaran dapat terjaga.
  6. Administrasi penggajian, merupakan bagian dari manajemen personalia yang juga sebagai dasar dalam perhitungan pajak. Manfaat lainnya adalah untuk menjaga keseimbangan antara perubahan yang terjadi di lingkungan bisnis yang sehubungan dengan kinerja karyawan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Mekari Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Tips dan Strategi Mengelola Keuangan UMKM

Keuangan merupakan jantung bagi setiap bisnis jenis apapun. Karena setiap pergerakan dalam bisnis selalu ditinjau dari segi finansial.

Manajemen pengelolaan keuangan sangat menentukan langkah kedepan yang harus diambil oleh para pelaku bisnis UMKM.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Sehingga keuangan bisnis dapat dikendalikan dengan baik.

Lalu beberapa tips strategi manajemen pengelolaan keuangan dalam UMKM adalah sebagai berikut :

1. Memisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Dikutip dari Forbes, salah satu strategi efektif untuk mengatur keuangan UMKM adalah memisahkan keuangan pribadi dan bisnis. Hal ini menjadi strategi pertama yang harus dilakukan sebagai langkah untuk mempermudah perhitungan pengeluaran dan pemasukan secara lebih optimal.

Dengan memisahkan keuangan, Anda akan menghindari kesalahan pencatatan keuangan yang tercampur dengan urusan pribadi dan transparansi alur keuangan menjadi lebih jelas.

2. Menganggarkan Pengeluaran

Hindarilah pengeluaran yang tidak penting bagi kemajuan bisnis, dan buatlah daftar prioritas kebutuhan serta anggarkan terlebih dulu hal mana yang menentukan perkembangan bisnis.

3. Mencatat Semua Transaksi Keuangan

Siapkan sebuah buku khusus untuk mencatat setiap transaksi keuangan yang terjadi di dalam bisnis. Catatlah semua transaksi dan aliran keuangan yang terjadi ke dalam formulir, kemudian disalin ke dalam buku keuangan.

4. Mengontrol dan Mengawasi Arus Kas Bisnis

Arus kas adalah aliran uang masuk dan keluar dari bisnis Anda, yang harus dikontrol dan diawasi secara ketat karena sangat penting untuk menjaga likuiditas dan kelangsungan operasional. Langkah ini berguna untuk mengelola modal kerja secara efektif dan menghindari risiko kehabisan dana.

5. Menyediakan Dana Cadangan

Persiapkan dana untuk menghadapi keadaan darurat dengan cara memperkirakan masalah-masalah yang kemungkinan harus dihadapi pada saat menjalankan bisnis. Setelah itu, tentukan jumlah nilai dari dana cadangan tersebut. Sehingga hal ini dapat mengurangi dampak dari masalah yang datang secara tiba-tiba.

Baca Juga : Pentingnya Pengelolaan Laporan Neraca dalam Sebuah Perusahaan

Manfaat yang bisa diharapkan dari mempelajari strategi manajemen pengelolaan keuangan yang praktis bagi UMKM adalah pengelolaan keuangan bisnis yang lebih terencana dan terkendali.

Sehingga akibat dan konsekuensi yang ditimbulkan dapat dijelaskan secara logis.

Selain itu, ada dasar penjelasan secara teoritis dalam manajemen keuangan.

Hal ini dapat digunakan untuk menjelaskan fenomena yang telah terjadi dalam bidang keuangan bisnis.

Pengelolaan Keuangan UMKM Lebih Mudah Dengan Bantuan Aplikasi Mekari Jurnal

Gunakan program akuntansi online seperti Mekari Jurnal untuk menunjang pengelolaan laporan keuangan bisnis Anda.

Aplikasi ini memiliki fitur untuk kelola berbagai macam kebutuhan bisnis termasuk manajemen keuangan perusahaan hingga fitur pengelolaan stock barang agar terhindar dari kondisi produk out of stock.

Apalagi, Mekari Jurnal juga menyediakan aplikasi akuntansi untuk UMKM, yang cocok bagi Anda pebisnis UMKM.

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga!

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Baca Juga : Pentingnya Mengetahui Proses Produksi Demi Kemajuan Perusahaan

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami