Daftar Isi
7 min read

8 Tips dan Cara Unik Meningkatkan Penjualan Bisnis Kafe

Tayang 30 Jan 2025
Diperbarui 2 Feb 2025

Kafe atau coffee shop hampir selalu memiliki ruang dan kesempatan untuk meningkatkan penjualan, salah satunya dengan menarik pelanggan agar membeli lebih banyak produk kopi saat berkunjung.

Selain itu, kafe atau coffee shop juga dapat menerapkan strategi untuk mempertahankan pelanggan reguler agar mereka tetap datang dan merasa nyaman berlama-lama di tempat Anda.

Tentu saja, Anda dapat meningkatkan penjualan kafe dengan cara-cara tertentu untuk menarik pelanggan yang sepenuhnya baru.

Berikut adalah beberapa ide dari yang umum sampai yang unik untuk membantu bisnis kafe Anda tumbuh:

1. Batasi Pelanggan dari “Laptop Hobo”

Istilah “laptop hobo” digunakan untuk merujuk pada pengunjung kafe yang sering menggunakan WiFi dan outlet listrik yang tersedia secara bebas.

Logikanya, semakin banyak yang datang bergantian, maka semakin besar pendapatan Anda.

Maka masuk akal bahwa jika Anda–secara tidak sadar–membiarkan pengunjung untuk tinggal terlalu lama dan tidak bisa memberikan meja kepada pengunjung lain, Anda akan kehilangan pendapatan.

Memberikan kenyamanan seperti WiFi gratis, tempat duduk yang nyaman, dan banyak outlet listrik tidak menjamin akan bisa membayar tagihan-tagihan Anda.

Beberapa lokasi Starbucks di New York bahkan sudah mulai membatasi outlet listrik, sementara kedai kopi lainnya sudah mulai membatasi jumlah waktu pelanggannya untuk dapat menggunakan WiFi gratis sebelum Anda harus membeli menu lain atau membayar penggunaan internet secara khusus lewat voucher.

Bahkan ada juga beberapa Coffee Shop yang memutuskan untuk mengubah kata sandi WiFi setiap dua jam.

Dengan cara ini, seseorang harus membeli produk mereka jika mereka menginginkan kata sandi baru. Tentu saja tips ini menuai pro-kontra.

Tidak semua orang mungkin nyaman dengan ketentuan seperti itu. Karena ada beberapa orang yang memilih untuk pergi ke kafe lain jika itu mereka tidak mendapatkan fasilitas WiFi gratis.

manfaat in display untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Kafe

2. Manfaatkan “In-Store Displays

Jika Anda sering mengunjungi Starbucks, Anda mungkin memperhatikan properti berupa mug, gelas minum, dan kopi gourmet di samping meja kasir yang terlihat artistik.

Namun, ternyata displays atau properti itu tidak ditampilkan hanya untuk tujuan dekoratif.

Terdapat studi yang mengungkapkan bahwa 16% pembelian yang tidak direncanakan didorong oleh properti yang dilihat pengunjung saat berbelanja di sebuah kafe atau Coffee Shop.

Jadi katakanlah, untuk setiap 100 orang yang melihat properti Starbucks itu, 16 orang akan membeli sesuatu.

Tidak terlalu buruk untuk dicoba mengingat mendesain properti tidak membutuhkan usaha yang aktif dan berkelanjutan.

Cukup dengan referensi yang luas dan selera artistik yang kuat, Anda bisa memulainya.

Banyak bentuk tampilan atau properti yang bisa Anda gunakan. Salah satu yang sederhana adalah papan penanda (SignBoard).

Coba bayangkan jika Anda berbelanja secara pribadi saat berada di department store. Anda cenderung melirik barang-barang yang memiliki papan penanda yang menarik.

Penjual retail mengetahui hal ini, tetapi biasanya cenderung menggunakan taktik ini untuk mendongkrak promosi penjualan. Tapi, promosi penjualan bukan menjadi satu-satunya alasan untuk membuat papan penanda.

Jadi, lain kali Anda mencari untuk menjual lebih banyak produk atau menu kafe Anda, coba pertimbangkan untuk menampilkan papan penanda atau tampilan properti yang akan untuk mendapatkan perhatian pelanggan.

3. Kembangkan Menu Kafe

Menu yang lebih variatif dengan lebih banyak pilihan yang berorientasi pada jenis makanan tertentu dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan di bisnis kafe dengan menu terbatas.

Menambahkan menu sup, salad, sandwich, atau hidangan lainnya akan menjadikan kafe Anda tempat tujuan yang menarik bagi banyak jenis pelanggan. Banyak kafe yang bahkan mulai menawarkan menu khusus, seperti produk organik atau vegan.

Sertakan beberapa produk atau menu baru seperti itu di menu kafe Anda, dan secara tidak langsung Anda bisa menarik jenis pelanggan yang baru. Anda juga bisa mengandalkan Coffeeland sebagai supplier kopi terbaik yang membantu kamu mengembangkan menu-menu di kedai kopi Anda.

4. Tawarkan Komunikasi yang Baik dan Diskon kepada Pelangga

Dalam hubungannya untuk mencoba mendapatkan pelanggan baru, jangan mengabaikan cara-cara untuk menarik perhatian pelanggan lebih banyak.

Salah satu caranya, tawarkan mereka diskon ketika mereka menambahkan item makanan ke pesanan minuman mereka.

Pakai gaya komunikasi yang bisa mengarahkan pelanggan untuk memesan minuman dengan ukuran terbesar.

Tentu memiliki server dan barista yang bisa melakukan hal tersebut dapat meningkatkan penjualan.

Hanya saja, jangan terbawa suasana dengan memaksa staf Anda untuk menjual secara agresif.

Karena Itu akan membuat pelanggan tidak nyaman dan berujung penurunan penjualan kafe Anda.

Baca Juga: Cara Menghitung Diskon untuk Meningkatkan Penjualan

5. Buat Acara di Kafe Anda

Jika ada ruang di kafe Anda untuk pertunjukan musik, pembacaan puisi, games, atau acara lainnya, manfaatkan hal tersebut!

Publikasikan kalender acara Anda secara online melalui media sosial dan sebarkan di komunitas-komunitas yang mempunyai hubungan baik dengan kafe Anda.

Hubungi musisi, penulis, pembicara publik, dan narasumber lain untuk melihat apakah mereka tertarik menggunakan kafe Anda sebagai venue sebuah acara.

Tawarkan dinding kafe Anda kepada seniman atau fotografer lokal untuk sebuah acara pameran seni.

Bahkan Anda bisa mengizinkan mereka untuk menjual karya mereka (Anda dapat mengambil komisi kecil dari penjualan tersebut, jika Anda mau).

Mereka akan mengirim orang ke kafe and untuk melihat karya mereka. Secara tidak langsung, ini akan menarik potensi pelanggan baru ke kafe Anda.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Kolaborasi Bisnis Sebaiknya Dilakukan

ciptakan suasana kafe yang instragramable untuk kembangkan bisnis

6. Ciptakan Suasana yang Instagramable

Saat ini pengunjung cafe sebagian besar berasal dari generasi muda yang selain mencari minuman yang nikmat, juga mencari tempat yang Instagramable.

Tempat seperti ini biasanya memiliki desain interior dengan sudut menarik atau elemen yang unik.

Tidak hanya itu, adanya elemen yang unik dan interaktif ini bisa menambah pengalaman belanja dan kepuasan pelanggan.

7. Optimalkan Media Sosial dengan Konten Menarik

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, media sosial saat ini juga menjadi media penting untuk menjalankan strategi pemasaran dan penjualan.

Melalui media sosial yang ramai pengguna, seperti Instagram, TikTok, dan X (Twitter), Anda bisa mempromosikan kafe beserta menu dan tempatnya.

Dari sini Anda juga bisa menarik minat calon pengunjung dengan mengadakan giveaway atau online discount untuk menarik engagement.

Baca Juga: 7 Strategi Pemasaran dengan Budget Rendah di Social Media

salah satu contoh bisnis kafe yang sukses berkolaborasi dengan brand lain

8. Kolaborasi dengan Brand atau Bisnis Lokal

Bisnis juga dapat tumbuh bersama dengan berkolaborasi dengan bisnis lokal, bisa saja bekerja sama dengan toko kue, kedai roti, dan lainnya.

Kolaborasi ini tidak hanya memperluas jaringan bisnis, namun juga dapat menarik pelanggan dari kedua belah pihak.

Kesimpulan

Dengan mengikuti delapan tips atau cara meningkatkan penjualan bisnis kafe atau Coffee Shop, Anda tidak perlu ragu lagi untuk membuka bisnis kafe.

Perbanyak referensi dan jaringan Anda untuk bisa memperkenalkan kafe Anda ke tingkat berikutnya.

Sebagai salah satu jenis bisnis, tentu Anda tidak bisa mengabaikan bagaimana Anda harus menangani masalah keuangan bisnis Anda.

Mekari Jurnal Bantu Kelola Bisnis Cafe Anda Semakin Efektif!

Namun tidak perlu khawatir, sekarang ini sudah banyak bisnis yang mulai menggunakan software akuntansi untuk menangani permasalahan keuangan bisnis mereka, salah satunya adalah Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal adalah software akuntansi yang saat ini telah terintegrasi dengan berbagai operasional bisnis lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa download aplikasi penjualan berbasis web gratis untuk menyelesaikan semua transaksi jual beli secara akurat.

Menariknya lagi, jika kafe Anda menjual banyak jenis menu atau produk, tidak perlu khawatir untuk menghitung Harga Pokok Penjualannya.

Karena dengan Mekari Jurnal, segala jenis persediaan yang akan dijual bisa dicatat dan harga beli bisa dihitung sesuai dengan metode persediaan akuntansi.

Anda juga bisa  membuat bundle atau konversi produk dengan Mekari Jurnal dengan melihat Guidebook ini.

Sehingga menu makanan atau minuman yang terdiri dari beberapa persediaan yang Anda beli bisa dinilai dengan instan dan cepat.

Mekari Jurnal sebagai aplikasi bisnis juga telah terintegrasi dengan aplikasi POS yang mempermudah Anda mengelola penjualan di kafe Anda dan otomatis tercatat pada pembukuan bisnis maupun pembukuan stok barang.

Untuk mencoba fitur-fitur tersebut, coba gratis dengan mendaftarkan bisnis Anda untuk pertama kalinya dan dapatkan free trial langsung!

Saya Tertarik Untuk Kembangkan Bisnis Cafe dengan Mekari Jurnal!

 

 

 

Referensi:

BusinessConceptor, “How to Start a Cafe Business: Complete Guide and Examples”.

Shiftbase, “How to run a cafe Successfully: A Must-read Guide for Business Owners”.

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami