Tips Marketing Biar Hashtag Jualan Diburu Pembeli! Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan hashtag atau tanda pagar (#) yang biasa disematkan dalam setiap unggahan social media. Begitupun dalam strategi marketing, penggunaan hashtag seringkali digunakan untuk sebuah campaign sebagai strategi pemasaran. Hashtag atau pagar (#) kini semakin banyak digunakan dalam social media terkhusus seperti Instagram, Tiktok, dan Twitter. Sama halnya seperti hyperlink, sebuah hashtag juga dapat digunakan untuk mempermudah orang lain mencari topik yang berhubungan. Selain itu, hashtag juga dapat menggolongkan topik atau tema tertentu dalam social media. Sehingga dalam dunia bisnis, hashtag dapat digunakan dalam strategi marketing. Bagi para pelaku bisnis ataupun bidang marketing, menggunakan hashtag ini sangatlah mudah, Anda tidak perlu mengeluarkan modal apapun. Caranya Anda hanya perlu mengetik tanda pagar (#) dan topik atau tema konten yang diunggah. Karenanya, Lalu bagaimana dengan bisnis Anda apakah sudah menggunakan hashtag? Agar bisnis Anda maju dan tidak kalah dengan kompetitor, Anda juga harus memaksimalkannya. 4 Tips Maksimalkan Hashtag dalam Strategi Marketing Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk memaksimalkan hashtag dalam strategi marketing. 1. Buatlah Campaign Marketing Berupa Challenge Strategi marketing berupa tantangan atau challenge bisa jadi salah satu cara membuat konten menjadi viral. Biasanya untuk konten viral ini bisa Anda temukan di Tiktok dengan hashtag FYP Anda juga dapat membuat tantangan kepada konsumen. Buatlah campaign yang menarik menyertakan hashtag yang relevan dan mudah diingat. Agar tantangan dapat diterima oleh masyarakat, Anda juga harus memberikan reward atau penghargaan jika mereka berhasil menyelesaikan challenge tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk meminta informasi akun email atau nomor handphone orang-orang yang akan mengikuti challenge. Fungsinya adalah untuk memberikan informasi lanjutan terkait tantangan yang diberikan sekaligus menjadi media promosi brand Anda. 2. Buatlah Rencana dan Riset Hashtag Marketing Tips kedua dalam strategi marketing dalam pengunaan hashtag yaitu bisa dengan membuat rencana dan riset konten yang bisa meningkatkan brand awareness dan traffic ke media sosial perusahaan. Setelah melakukan riset kemudian masukkan dalam rencana yang komprehensif. Sesuaikan juga masing-masing konten dan hashtag dengan karakteristik setiap media sosial. Misalnya, video dan foto untuk Facebook dan Instagram, atau artikel untuk blog atau pun yang lainnya. 3. Gunakan Hashtag untuk Storytelling Buatlah sebuah cerita yang menarik yang bisa dimaanfaatkan dari penggunaan hashtag tersebut. Misalnya meminta pelanggan Anda untuk bercerita tentang produk Anda dan menguploadnya lewat media sosial menggunakan hashtag yang relevan. Dengan menggunakan cerita dengan hashtag yang menarik, hal ini akan membuat brand Anda digemari oleh pelanggan dan mereka akan merasa menjadi bagiannya dari cerita di dalamnya. Dengan begitu secara tidak langsung, melalui hashtag yang tersemat di unggahan customer Anda, hal ini juga dapat membantu Anda melancarkan strategi marketing yang ada. 4. Gunakan Hashtag yang Viral Hashtag dapat Anda gunakan sebagai personal branding dalam bagian strategi marketing perusahaan Anda. Sehingga Anda dapat memanfaatkan hashtag tersebut untuk memperkenalkan bisnis dengan dengan lebih luas lagi. Teknik selanjutnya yang cukup efektif untuk dilakukan adalah menggunakan hashtag dengan mengikuti sesuatu yang sedang viral. Misalnya sedang viral seputar piala dunia, maka Anda bisa menggunakan jenis hashtag yang berkaitan dengan keyword seputar sepakbola yang masih relevan dengan brand Anda. Kemudian jika sedang suasana idul fitri, Anda bisa juga membuat hashtag yang berkaitan dengan hal tersebut. Catat 2 Hal Ini untuk Penggunaan Hashtag Brand Anda! Hashtag sebenarnya cukup mudah untuk digunakan, namun dalam penggunaannya Anda juga tidak dapat sembarangan, terlebih jika digunakan untuk strategi marketing. Sehingga sebaiknya Anda juga harus memperhatikan 2 hal penting ini dalam penggunaan hashtag seperti: 1. Relevan Salah satu fungsi hashtag dalam strategi marketing yakni untuk memberikan pesan tambahan kepada pelanggan untuk lebih mengenal brand Anda. Maka dalam penggunaannya sebaiknya pilihlah hashtag dengan kata-kata yang tidak alay dan lebay. Tidak salah jika Anda menggunakan kata yang alay dan lebay namun itu tidak relevan bukan? Jadi usahakan info hashtag yang Anda masukan relevan satu dengan yang lainnya. 2. Kuantitas Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah kuantitas hashtag. Jangan sampai Anda memasukkan terlalu banyak hashtag dalam postingan Anda. Namun, bukan berarti juga harus sedikit ya. Sesuaikan saja hashtag dengan topik konten. Hal ini karena fungsi dari hashtag sendiri adalah sebagai pembatas, pengelompokkan, atau pemisah antar satu bahasan atau topik yang sedang dibicarakan. Manfaat Penggunaan Hashtag dalam Strategi Marketing Bagi Anda yang masih ragu untuk menggunakan hashtag dalam strategi marketingnya. Berikut manfaat penggunaan hashtag yang perlu Anda tahu: 1. Memudahkan Audience Menemukan Brand Ketika Anda membuat suatu postingan maka yang dapat melihat postingan Anda adalah orang-orang yang telah menjadi teman Anda. Jika Anda menggunakan hashtag dalam postingan brand, maka semua orang yang mencari informasi topik yang sama di media sosial akan dapat membaca postingan yang Anda buat. Jadi Anda dapat menghemat biaya pemasaran dan tenaga bukan? karena konten yang Anda buat secara otomatis akan ditemukan oleh orang-orang yang mencarinya. 2. Mempermudah Mencari Target Konsumen Manfaat kedua dari hashtag yakni membantu Anda dalam mencari target konsumen. Seperti yang kita tahu, salah satu tujuan strategi marketing yaitu mencari target konsumen sebanyak-banyaknya. Melalui hashtag ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan konsumen. Misalnya saja, jika Anda menjual barang seperti makeup, maka Anda dapat memberikan hashtag #makeup #eyeliner #lipstik #parfume #micelarwater, dan lain sebagainya. Sehingga saat orang mencari makeup, postingan toko Anda akan muncul dan mereka pun dapat membeli produk Anda meskipun mereka bukan followers media sosial Anda. 3. Memudahkan Mencari Lokasi Hashtag ini akan sangat membantu strategi marketing Anda untuk bisnis bidang perjalanan atau traveling karena hashtag dapat memudahkan Anda menemukan lokasi. Sematkan saja #traveling #exploreindonesia maka bisnis Anda akan menjadi dikenal banyak orang. Bahkan jika konten yang Anda bagikan seperti foto atau video sangat menarik dapat viral dengan cepat. Demikian pembahasan mengenai hashtag dalam strategi marketing. Selain memanfaatkan hashtag, Anda juga perlu mengelola keuangan dengan baik dan benar agar bisnis Anda semakin maju dan berkembang. Selama pengelolaan hashtag tersebut, penting juga sekiranya untuk mengatur aktifitas keuangan perusahaan, Maka untuk masalah seputar mengola keuangan, Anda dapat menggunakan bantuan Mekari Jurnal. Mekari Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang mudah dan dapat membantu Anda mengelola keuangan dan melakukan proses akuntansi. Watch this video on YouTube Mekari Jurnal menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pengelolaan keuangan seperti menginput penjualan, pembelian, mencetak faktur, pencatatan persediaan dan laporan keuangan secara mudah, cepat, aman dan terotomatis. Selain itu, software akuntansi terbaikdari Mekari Jurnal juga dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Khusus buat Anda yang membaca ini, nikmati juga kesempatan free trial selama 14 hari, selengkapnya di Mekari Jurnal.