Daftar Isi

10 Cara Mudah Mengelola Persediaan Barang dalam Bisnis

Tayang 11 Mar 2025
Highlights
  • Pengelolaan persediaan yang tepat sangat penting untuk menghindari kerugian, baik karena kelebihan stok yang membebani keuangan atau kekurangan stok yang menyebabkan kehilangan
  • Perencanaan yang matang dan proyeksi persediaan membantu pengusaha untuk menjaga keseimbangan stok, memastikan tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit barang di gudang
  • Penggunaan sistem manajemen inventaris terintegrasi akuntansi, seperti Mekari Jurnal, membantu meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pengelolaan persediaan serta menjaga arus kas keuangan

Sebagai sebuah perusahaan, persediaan merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh pengusaha.

Kelebihan atau kekurangan persediaan dapat menyebabkan kerugian dalam perusahaan, karena setiap persediaan memiliki jangka waktu penyimpanannya.

Semakin lama disimpan dalam gudang, persediaan akan lebih mudah rusak, dan sebaliknya jika persediaan pada gudang telah habis, perusahaan tidak dapat menjualnya kepada pelanggan dan dapat menyebabkan hilangnya pelanggan.

Oleh karena itu, mengelola stok barang di gudang termasuk penggunaan aplikasi gudang sangat diperlukan.

Bagaimana cara mengelola persediaan barang yang baik bagi bisnis Anda? Yuk, intip tips dan strateginya secara komprehensif oleh blog Mekari Jurnal.

Strategi Mengelola Persediaan Barang yang Baik

Tidak tersedianya atau terbatasnya persediaan barang di gudang akan membuat penjualan produk menjadi terhambat.

Namun menyimpan persediaan barang di gudang yang terlalu banyak juga membutuhkan banyak modal.

Itulah mengapa setiap pebisnis dituntut untuk menguasai strategi manajemen persediaan dengan baik, termasuk menggunakan aplikasi persediaan.

“Itulah mengapa, setiap pebisnis dituntut untuk menguasai strategi manajemen persediaan dengan baik”.

Tujuannya adalah agar persediaan barang dapat dikelola secara tepat, sehingga penjualan produk dapat berlangsung lancar.

Namun sayangnya, ada banyak bisnis yang mengalami penimbunan persediaan akibat ketidakpastian.

Beberapa faktor ketidakpastian ini merujuk pada:

  • Permintaan, arah pasokan dan operasi internal yang tidak jelas
  • Pengiriman yang tidak terjadwal dengan baik dan akurat
  • Harga penjualan dari pabrik yang berfluktuasi
  • Mesin yang kurang mutakhir juga akan membuat pabrik menimbun persediaan setengah jadi

Baca Juga: Tips Mengelola Stok Barang Agar Terhindar Dari Out of Stock

Strategi Mengelola Manajemen Persediaan yang Baik

 

Masalah Manajemen Persediaan yang Buruk

Apabila manajemen persediaan atau poor management inventory terjadi tentu saja dapat merugikan bisnis itu sendiri.

Mengutip dari fulfyld, “inventaris yang berlebihan berdampak buruk pada keuangan perusahaan, seperti menghambat arus kas dan meningkatkan biaya penyimpanan“.

Di sisi lain, seringnya kehabisan stok mengakibatkan hilangnya penjualan dan calon pelanggan beralih ke kompetitor.

Pengendalian persediaan yang buruk juga akan membuat suatu bisnis gagal dalam memenuhi permintaan konsumen.

Manfaat Mengelola atau Melakukan Manajemen Persediaan Dengan Efektif

Melakukan pengendalian terhadap persediaan barang akan mempermudah atau memperlancar jalannya operasi bisnis yang harus dilakukan secara berturut-turut untuk memproduksi produk serta menyampaikan kepada konsumen.

Adapun manfaat mengelola atau melakukan manajemen persediaan adalah adalah sebagai berikut:

  1. Memenuhi kebutuhan konsumen dengan sebaik-baiknya sesuai permintaan pasar pada saat itu
  2. Meminimalkan risiko keterlambatan datangnya barang atau bahan yang dibutuhkan, sehingga tidak akan mengganggu jalannya operasi bisnis
  3. Mengontrol stok barang persediaan di gudang sebaik mungkin dengan memperhatikan permintaan pasar
  4. Mempertahankan stabilitas atau kelancaran kegiatan operasi bisnis

Tips Mengelola atau Manajemen Persediaan Barang

Sebelum membahas lebih ditel, berikut adalah beberapa tips dan metoda yang bisa Anda lakukan untuk mengelola persediaan barang.

  1. Mengategorikan produk sesuai karakteristiknya
  2. Menggunakan sistem ERP untuk mendukung pengelolaan administrasi
  3. Meningkatkan sistem pengiriman untuk melacak status produk
  4. Menggunakan software cloud untuk meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas
  5. Rutin melakukan evaluasi kinerja supplier secara rutin

Baca Juga: Cara Melakukan Inventory Control yang Tepat Bagi Usaha

Cara Mengelola dan Melakukan Manajemen Persediaan Barang yang Baik

Berikut ini adalah 10 metode efektif yang dapat dilakukan untuk mengelola dan meningkatkan manajemen persediaan:

1. Lakukan Perencanaan dan Proyeksi Persediaan

Persediaan berlebih ataupun kurang dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat membuat perencanaan dan proyeksi untuk mengelola persediaan barang.

Selain untuk mengurangi risiko kerugian, perencanaan dan proyeksi persediaan juga dapat membantu pengusaha ketika akan melakukan pemesanan barang.

Dengan perencanaan yang matang, persediaan atau stok barang tidak akan kurang atau berlebih.

Dan dengan adanya proyeksi ini, pengusaha dapat memperkirakan jumlah minimum stok di gudang sebagai tolok ukur saat akan melakukan pemesanan barang.

Baca Juga: Safety Stock: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menghitung

2. Pahami Sistem Persediaan

Banyak pengusaha yang tidak memahami sistem persediaan barang sehingga menyebabkan barang terlalu lama tertahan dalam gudang dan tidak jarang banyak barang yang telah kadaluwarsa ataupun rusak.

Dengan tidak memahami sistem persediaan, perusahaan akan menanggung beban yang lebih besar, yang berdampak pada kerugian.

Oleh karena itu, cobalah tentukan sistem persediaan yang cocok digunakan perusahaan Anda, sistem perpetual atau periodik?

Sistem perpetual adalah sistem di mana setiap persediaan yang masuk dan keluar dicatat dalam pembukuan, sedangkan sistem periodik dilakukan dengan menghitung jumlah persediaan di akhir periode untuk melakukan pembukuan.

Baca juga: Perbedaan Metode Persediaan Stok Barang FIFO, LIFO, dan Average

3. Tentukan Standard Operating Procedure

Persediaan dalam bisnis kecil dan menengah dapat diawasi langsung oleh pengusaha.

Namun,  jika bisnis sudah berkembang, Anda sebagai pengusaha dapat mempekerjakan pegawai dengan posisi tinggi seperti manajer atau supervisor gudang untuk melakukan pengawasan dalam pengelolaan persediaan.

Di mana, manager atau supervisor tersebut harus menguasai SOP pada divisinya seperti, SOP barang masuk dan keluar, SOP penyimpanan, SOP pelaporan ketersediaan stok dan pengadaan stok yang dibutuhkan.

Dengan adanya manager atau supervisor gudang, kesalahan dalam pencatatan stok barang dapat dihindari sehingga dapat mengurangi risiko kelebihan atau kekurangan persediaan.

pencatatan stok barang mengurangi risiko kesalahan input barang

4. Buat Jadwal Persediaan

Dengan mengatur jadwal persediaan, pengusaha akan dengan mudah mengelola stok persediaan barang dalam gudang.

Pengusaha dapat menentukan jadwal pembelian persediaan dan jadwal persediaan keluar dari gudang.

Dengan adanya jadwal untuk keluar masuknya persediaan, pengusaha dapat dengan mudah mengurangi risiko kerugian perusahaan dan terhindar dari barang yang rusak ataupun kadaluwarsa.

5. Hitung Anggaran Persediaan

Hitung berapa uang yang telah Anda habiskan untuk membeli sebuah persediaan barang. Kemudian buatlah catatan semua harga pokok penjualan dan harga jual barang tersebut.

Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui berapa perkiraan pendapatan yang Anda dapatkan jika barang tersebut laku terjual dipasaran.

Dengan manajemen persediaan barang yang baik, pengusaha tidak hanya dapat mengurangi risiko kerugian perusahaan tapi juga dapat membantu pengusaha mengelola arus kas perusahaan.

6. Mengategorian Produk

Diperlukan penentuan kategori produk yang ringkas dan ramah pengguna. Beberapa gaya dalam penentuan kategori produk yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan metode ABC, di mana persediaan akan dikategorikan menurut nilainya.

Baca Juga: Inventory Control: Pengertian, Fungsi, Tugas, dan Metode

7. Gunakan Sistem ERP

Dalam mengelola gudang, tidak lengkap jika tanpa sistem ERP dan fungsinya yang ramah pengguna.

Sistem ERP yang paling dasar akan memiliki sistem multi lokasi, hak akses user yang fleksibel dan disesuaikan dengan pengguna serta terintegrasi dengan bagian lain yang terkait, misalnya Sales dan Accounting.

Penggunaan Sistem ERP akan meningkatkan akurasi persediaan dan biasanya juga menawarkan opsi penjadwalan persediaan yang sangat baik.

Salah satu sistem pengelolaan stok gudang terbaik yang dapat digunakan adalah aplikasi manajemen stok gudang dari Mekari Jurnal.

Baca juga: Contoh Surat Serah Terima Barang Inventaris Kantor

8. Meningkatkan Sistem Pengiriman

Anda dapat menggunakan sistem ERP yang telah memiliki fungsi pengiriman untuk mengatasi jumlah proses pengiriman.

Dengan memanfaatkan sistem ERP yang memiliki sistem pengiriman, maka dapat meningkatkan manajemen persediaan dan efisiensi gudang secara keseluruhan.

9. Menggunakan Teknologi Cloud

Teknologi cloud dapat memungkinkan akses mudah ke data dan informasi persediaan secara real-time dan akurat.

10. Melakukan Review Terhadap Supplier

Pertimbangkan untuk menggunakan sistem ERP module untuk mengaudit kinerja para supplier secara periodik.

Hal tersebut akan membantu untuk mengidentifikasi supplier yang tidak dapat diandalkan dan memberikan peluang untuk perbaikan.

Pertimbangkan juga untuk memberikan insentif kepada supplier yang memiliki kinerja bagus dengan menjual lebih banyak produk mereka, dan lakukan pembayaran tepat waktu sambil mengurangi jumlah supplier yang berkinerja buruk.

Solusi Manajemen Persediaan Terintegrasi Sistem Akuntansi

Agar dapat tercipta persediaan yang efektif dan efisien yang mampu memenuhi permintaan pasar saat keadaan biasa ataupun permintaan disaat berfluktuasi, maka sangat diperlukan perencanaan dan pengendalian persediaan itu sendiri.

Memanfaatkan teknologi informasi terkini yang komprehensif, bisnis tidak saja dapat mengontrol persediaan dengan optimal, namun juga berbagai operasional bisnis seperti akuntansi.

Apabila perusahaan dapat mengadopsi software akuntansi terintegrasi supply chain seperti Mekari Jurnal, maka perusahaan dapat merasakan beberapa peningkatan, seperti:

  1. Para pebisnis mendapatkan informasi yang akurat mengenai nilai dan posisi sistem informasi persediaan, dengan adanya sistem pencatatan dan pelaporan persediaan
  2. Keamanan persediaan akan lebih terjamin dari kemungkinan kesalahan nilai stok, pencurian, penyelewengan, kerusakan, dan lainnya untuk mempertahankan kontinuitas dari kegiatan produksi bisnis
  3. Permintaan konsumen dapat dilayani dengan baik dikarenakan sistem persediaan dikelola dengan sistem yang baik
  4. Mampu mengelola manajemen persediaan dengan efektif dan efisien sangat penting untuk menjaga arus kas bisnis.

Selain itu, manajemen persediaan juga sangat berguna bagi para pengecer untuk menghemat biaya.

Optimalkan manajemen persediaan dibantu dengan sistem akuntansi untuk pengelolaan yang efektif.

Penggunaan aplikasi atau software ini akan memudahkan Anda dalam memonitor kelangsungan bisnis kapan dan dimana saja.

Selain memiliki fitur khusus untuk manajemen stok barang, Mekari Jurnal juga akan memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan yang lengkap dan akurat.

Jangan ragu untuk mendaftarkan bisnis Anda sekarang dan bergabung dengan ribuan pengguna software stok barang dari Mekari Jurnal lainnya.

Konsultasi Fitur Akuntansi Terintegrasi Stok Barang dari Mekari Jurnal!

Fitur Kontrol Stok dan Notifikasi Stok Habis Mekari Jurnal

Anda juga dapat mengelola persediaan dengan baik dengan Mekari Jurnal. Fitur Stok Barang dan Stok Buffer pada aplikasi Jurnal dapat membantu pengusaha dalam mengelola persediaan barang.

Melalui sistem Mekari Jurnal. pengusaha dapat memonitor jumlah stok barang, perhitungan persediaan, harga jual rata-rata, dan pemberitahuan saat stok kosong.

stok buffer mekari jurnal

Dengan fitur Stok Buffer, pengguna dapat membuat proyeksi dan menentukan jumlah batas minimum untuk jumlah persediaan barang.

Selain itu, fitur software stok barang ini juga akan memberikan notifikasi kepada penggunanya ketika persediaan telah berada pada batas minimum sehingga pengusaha dapat segera melakukan pemesanan terhadap barang yang akan habis.

Coba juga fitur yang memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis Anda secara online. dengan fitur aplikasi kas masuk dan keluar dari Mekari Jurnal, Semua transaksi tercatat dan tersusun dalam satu dashboard yang bisa diakses kapanpun Anda butuhkan.

 

 

 

Referensi:

Fulfyld, “What Does Poor Inventory Management Lead To? Full Analysis of All Downsides”.

Forbes, “17 Essential Inventory Management Techniques”.

Impact Analytics, “Types, Methods & Strategies for Efficient Inventory Control in 2025”.

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami