Mengelola keuangan restoran bukan sekadar mencatat pemasukan dan pengeluaran. Tanpa sistem seperti software akuntansi restoran yang tepat, pengelolaan keuangan bisa berantakan, arus kas tidak terkontrol, pembukuan kacau, dan risiko kebocoran keuangan meningkat. Bahkan dengan software akuntansi, perusahaan restoran bisa hemat anggaran dimana saat ini banyak perusahaan terkena masalah efisiensi anggaran. Menurut data dari Restaurant Dive, sejak tahun 2019 terdapat peningkatan yang konsisten dalam jumlah restoran yang beralih ke penggunaan perangkat lunak untuk mengelola bisnis mereka, termasuk dalam aspek keuangan sebesar 52%. Apa itu software akuntansi restoran? Software akuntansi restoran adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu pencatatan transaksi, penyusunan laporan keuangan, pemantauan arus kas, hingga analisis laba-rugi bisnsi restoran secara otomatis dan akurat. Manfaat software akuntansi restoran Software akuntansi restoran membantu pengelolaan keuangan restoran dengan sistem yang efisien. Manajemen transaksi mulai dari pengelolaan pemasukan, pengeluaran, anggaran, hingga manajemen stok bahan baku restoran. Semua tercatat otomatis, tersusun rapi dalam laporan keuangan yang mudah diakses kapan saja. Untuk membuat jurnal umum restoran pun akan lebih mudah. Dengan integrasi ke sistem kasir, setiap transaksi langsung tercatat tanpa input manual, mengurangi risiko kesalahan karyawan. Ada juga fitur otomatisasi pajak dan pengelolaan profit yang membuat pemilik restoran bisa fokus pada pengembangan bisnis tanpa terbebani urusan pembukuan. Key Takeaways Penggunaan software akuntansi restoran terbukti meningkatkan efisiensi operasional dan anggaran dengan pencatatan keuangan yang lebih rapi dan akurat. Otomatisasi laporan keuangan, transaksi penjualan, dan stok bahan baku mempermudah manajemen dalam mengawasi profitabilitas bisnis. Integrasi dengan beragam software seperti POS dan HR dapat mempermudah pencatatan transaksi dan operasional secara menyeluruh. Mekari Jurnal membantu restoran mencatat transaksi secara otomatis, mengurangi risiko kesalahan manual dalam pembukuan, hingga manajemen stok bahan dan inventory yang mempermudah bisnis. Mengapa memilih Mekari Jurnal? Terbukti membantu banyak usaha FnB, contohnya EATLAH, 13% mengurangi kesalahan entry untuk setiap periode pelaporan, 95% mempercepat proses pembuatan laporan, 17% mengurangi risiko kesalahan input data secara manual. Coba gratis Mekari Jurnal 17 Software akuntansi restoran terbaik Ada banyak sistem yang bisa mempermudah pekerjaan di tempat restoran atau industri FnB, dari sekian banyak itu, berikut 20 rekomendasi software akuntansi yang bisa untuk membantu akuntansi keuangan restoran dengan fitur yang dapat membantu operasional. 1. Mekari Jurnal Mekari Jurnal memiliki fitur dan sistem yang dirancang khusus untuk membantu pemilik usaha dalam mengelola keuangan mereka secara efisien. Dengan sistem berbasis cloud, Mekari Jurnal memungkinkan pengelola restoran untuk mengakses data keuangan kapan saja dan di mana saja secara real-time. Sistem Mekari Jurnal sudah terbukti membantu para pengelola dan pengusaha FnB dalam mengatur sistem keuangan mereka, termasuk dalam manajemen invoice, perpajakan dan manajemen stok bahan baku. KelebihanLaporan keuangan akurat dengan rekonsiliasi bank otomatisAkses fleksibel dari mana saja dengan sistem onlinePemantauan stok bahan baku dan inventaris outlet dalam satu dasborIntergrasi yang luas termasuk dengan software POS dan HR KekuranganSistem online membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk akses real-time. Fitur unggulanSistem akuntansi yang lengkap untuk pencatatan transaksi keuangan, membuat pembukuan., laporan keuangan, manajemen invoice, manajamen stok bahan dan inventaris brang hingga membantu manajemen pajak usaha. Coba gratis Mekari Jurnal 2. Zahir Accounting Zahir Accounting adalah software akuntansi yang sudah lama ada di Indonesia. Zahir memiliki fitur yang memudahkan usaha restoran dalam pencatatan keuangan dan manajemen stok bahan. Dengan antarmuka yang sederhana dan mudah dipahami, pengguna dapat mengelola arus kas dan laporan keuangan usaha FnB dengan lebih mudah. KelebihanPemantauan stok bahan baku dan laba-rugi tiap outlet restoran dalam satu dasbor.Akses fleksibel dari mana saja dengan sistem online.Integrasi dengan POS untuk pencatatan transaksi otomatis.Laporan keuangan akurat dengan rekonsiliasi bank otomatis. KekuranganHarga bukan yang termurah, untuk professional ada di Rp.899,000 per bulan per Maret 2025 Fitur unggulanZahir memiliki integrasi dengan sistem POS yang mempermudah operasional pencatatan transaksi penjualan secara otomatis ke dalam sistem akuntansi, sehingga mempermudah proses pembukuan dan laporan keuangan restoran setiap bulan. 3. Ukirama ERP Ukirama ERP cocok untuk restoran skala menengah hingga besar yang membutuhkan sistem terintegrasi tidak hanya untuk keuangan, tetapi juga operasional usaha FnB lainnya. Dari sisi fitur mereka cukup lengkap, dan dari manajemen akuntansi juga tersesedia. Selain itu, Ukirama dapat juga mengelola karyawan restoran yang Anda kelola karena mereka juga ada sistem HR yang bisa di manfaatkan bersamaan dengan fitur akuntansi mereka. KelebihanMenghubungkan akuntansi dengan pengelolaan persediaan dan penggajian.Dashboard fleksibel dengan tampilan laporan yang dapat disesuaikan.Memungkinkan pemantauan kinerja bisnis secara real-time. KekuranganButuh waktu implementasi lebih lama karena sistme yang banyak. Fitur unggulanSoftware ini hadir dengan manajemen stok real-time, memungkinkan pemantauan persediaan secara akurat, membantu pengelolaan gudang, serta mencegah kehabisan atau kelebihan stok bahan di dapur dan gudang restoran. 4. Moka POS Moka POS lebih dari sekadar aplikasi kasir, tetapi dapat juga sebagai aplikasi akuntansi yang bisa mengelola restoran yang ternyata memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan transaksi dan operasional restoran. Dengan sistem berbasis cloud, software ini dapat mencatat transaksi restoran secara otomatis dan menyajikan laporan penjualan secara real-time. KelebihanIntegrasi sistem terdepan yaitu POS dengan akuntansi restoran.Terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran digital.Laporan penjualan dan keuangan restoran secara real-time. KekuranganFitur akuntansi yang sederhana belum selengkap software akuntansi lainnya. Fitur unggulanSangat memudahkan pencatatan akuntansi restoran dengan sistem Moka POS yang sudah lama mereka miliki, laporan penjualan berbasis cloud memungkinkan pemilik usaha memantau transaksi dan operasional restoran secara mudah dan nyaman. 5. Majoo Majoo adalah software aplikasi manajemen bisnis yang dapat mengelola operasional restoran. Majoo dapat mengelola manajemen keuangan, stok persediaan, hingga mengelola urusan absen karyawan. Software ini cocok bagi restoran yang ingin berkembang tidak hanya dari segi operasional tetapi juga dari sisi pengelolaan karyawan dan pemasaran. KelebihanPencatatan transaksi cepat dengan sistem POS.Dapat mengurus manajemen persediaan stok restoran yang efisien.Sistem laporan bisnis yang komprehensif. KekuranganBiaya awal untuk sistem mungkin terlalu mahal bagi UKM kecil dan pemula. Fitur unggulanManajemen pelanggan terintegrasi memungkinkan bisnis mencatat riwayat transaksi dan data pelanggan, secara cepat dari POS ke sistem akuntansi, dapat pula membantu meningkatkan strategi pemasaran dan retensi pelanggan. 6. Kledo Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang menawarkan solusi pencatatan transaksi otomatis dengan harga terjangkau. Cocok untuk bisnis yang baru berkembang dan membutuhkan pencatatan keuangan yang praktis. Secara fitur, beberapa fitur utama seperti manajemen invoice, laporan keuangan hingga analisa performa restoran semua tersedia. Cocok untuk UKM dan UMKM di bidang restoran yang membutuhkan software akuntansi terjangkau. KelebihanIntegrasi dengan sistem POS untuk pencatatan transaksi otomatis.Harga yang lebih terjangkau dibanding software akuntansi lain.Tersedia versi gratis. KekuranganCocok untuk UKM dan UMKM. Perlu fitur advance untuk enterprise business. Fitur unggulanHarga berlangganan yang sangat bersahabat dan cukup murah, dapat memberikan pilihan yang menarik bagi pemilik usaha restoran dengan danan terbatas. 7. Restaurant365 Restaurant365 adalah salah satu pilihan untuk manajemen akuntansi usaha restoran. Sistem mereka memang dirancang khusus untuk operasional bisnis FnB. Fitur mereka mencakup pengelolaan akuntansi keuangan restoran, pengelolaan tenaga kerja, dan integrasi dengan berbagai POS untuk kemudahan pencatatan penjualan. KelebihanSistem akuntansi yang dirancang khusus untuk restoran.Mendukung pengelolaan pencatatan POS dan sistem penggajian atau payroll.Mendukung berbagai tipe restoran, dari Fast casual, casual dinning hingga Fine Dinning. KekuranganHarga berlangganan cukup tinggi untuk restoran kecil. Fitur unggulanRestaurant365 menggabungkan akuntansi dan operasional dengan memusatkan semua data, membantu pengelola restoran menjadi lebih efisien, membuat perkiraan yang akurat 8. ScaleOcean ScaleOcean adalah salah satu software ERP berbasis cloud yang dirancang khusus untuk mengelola beragam industri usaha, termasuk restoran dengan skala operasional besar. Sistem ini membantu mengelola keuangan, stok, dan rantai pasok dalam satu platform terintegrasi. KelebihanBeragam fitur otomatisasi untuk meningkatkan efisiensi operasional.Pemantauan operasional bisnis restoran secara real-time.Cocok untuk restoran dengan banyak cabang. KekuranganBiaya langganan relatif lebih tinggi dibanding software akuntansi standar. Fitur unggulanSistem manajemen akuntansi keuangan restoran online, memberikan analisis keuangan prediktif yang membantu restoran mengoptimalkan arus kas dan perencanaan anggaran dengan lebih akurat. 9. ESB ESB dikenal sebagai software restoran all-in-one, ESB menawarkan solusi akuntansi yang memudahkan pencatatan transaksi, perhitungan margin keuntungan, serta pemantauan biaya operasional dalam satu sistem. Dengan fitur POS yang terhubung langsung ke sistem keuangan, laporan dapat diakses secara real-time, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik. KelebihanFitur POS yang terintegrasi dengan akuntansi dan manajemen stok bahan.Laporan keuangan operasional restoran yang mempermudah analisis bisnis secara menyeluruh. KekuranganHarga berlangganan cukup tinggi bagi bisnis kecil. Fitur unggulanIntegrasi multi-outlet memungkinkan pengelolaan berbagai cabang restoran dalam satu platform, mempermudah pemantauan operasional dan konsistensi layanan di seluruh lokasi. 10. Olsera Olsera merupakan solusi POS yang dikenal karena fleksibilitas dan keterjangkauannya, mendukung pencatatan transaksi akuntansi secara otomatis. Software ini memungkinkan pemilik restoran untuk memantau pemasukan, pengeluaran, dan laba secara efisien dengan laporan keuangan sistematis. KelebihanHarga terjangkau dengan fitur yang cukup lengkap.Fitur yang cocok untuk bisnis kecil dan menengah.Sistem yang mudah dipahami bahkan bagi pemula. KekuranganFitur analitik bisnis masih terbatas. Fitur unggulanDukungan multi-platform memungkinkan penggunaan pada berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, dan komputer, memberikan fleksibilitas dalam operasional bisnis dan akses data kapan saja. 11. MarginEdge MarginEdge adalah software akuntansi restoran yang dirancang khusus untuk industri makanan dan minuman. Sistem ini menyederhanakan manajemen keuangan dengan pencatatan transaksi otomatis, pemantauan biaya bahan baku, serta integrasi dengan berbagai sistem POS. KelebihanIntegrasi dengan sistem POS.Dapat integrasi dengan sistem akuntansi lain.Fitur yang fokus pada optimasi margin keuntungan restoran. KekuranganHarga masih premium untuk UKM. Fitur unggulanMarginEdge mengotomatiskan proses yang melelahkan, menghubungkan sistem, dan secara drastis menyederhanakan aktivitas penting seperti manajemen stok, pembayaran tagihan, dan pemesanan 12. Omegasoft Omegasoft adalah software yang menggabungkan sistem POS dengan fitur akuntansi yang dirancang khusus untuk bisnis restoran. Melalui sistem keuangan yang terintegrasi, sebuah restoran dengan sistem Omegasoft dapat mencatat transaksi penjualan, menghitung biaya bahan baku, serta membuat laporan keuangan restoran otomatis dengan mudah. KelebihanOmega POS untuk pencatatan yang cepat dan akurat.Omega Accounting untuk mengelola keuangan secara lebih cepat.Sistem lengkap dari manajemen stok, keuangan hingga tagihan. KekuranganPaket dan harga terpisah masing-masing untuk paket POS dan paket Accounting. Fitur unggulanFitur reservasi memungkinkan pelanggan memesan meja secara online, meningkatkan kenyamanan pelanggan dan efisiensi manajemen reservasi restoran modern. 13. Qasir Sebagai sebuah software POS yang sudah berbasis cloud, Qasir menyediakan pencatatan transaksi, laporan keuangan, dan pemantauan stok bahan baku secara otomatis. Meski lebih dikenal di UMKM, sistem ini juga dapat digunakan untuk restoran kecil dan menengah. Sesuai namanya, Qasir sangat membantu para karyawan yang sering bekerja di garis terdepan dalam pencatatan transaksi dan keuangan. KelebihanHarga terjangkau dibandingkan software sejenis.Mendukung berbagai metode pembayaran digital.Memiliki fitur manajemen stok dan produk. KekuranganTidak ada informasi harga software. Fitur unggulanSistem manajemen kasir yang lengkap dan akurat, cocok untuk mengelola berbagai jenis usaha termasuk restoran. 14. Pawoon Dikenal sebagai sistem POS yang user-friendly, denga klaim aplikasi kasir nomor 1! Pawoon mendukung pencatatan akuntansi restoran dengan fitur laporan keuangan yang akurat, ada juga fitur dalam pemantauan stok bahan baku, serta manajemen transaksi digital. Selain itu, Pawoon juga memiliki fitur integrasi dengan berbagai metode pembayaran terbaik memastikan seluruh transaksi tercatat otomatis. KelebihanTampilan intuitif dan mudah dipahami.Mendukung manajemen multi-cabang dalam semua dapat terintegrasi dalam satu dashboard.Ada versi gratis untuk 7x transaksi per hari. KekuranganHarga langganan bukan yang termurah untuk sebuah aplikasi kasir. Fitur unggulanCocok untuk beragam bisnis termasuk bisnis online dan offline, termasuk untuk manajemen akuntansi dan kasir dari usaha restoran dan FnB. 15. Indo Resto Software Indo resto dirancang khusus untuk usaha dan bisnis restoran dengan kebutuhan operasional yang kompleks. Indo Resto membantu mengelola akuntansi keuangan dengan fitur pencatatan transaksi otomatis, analisis profitabilitas, serta sistem inventory yang memastikan bahan baku selalu terkontrol. Fitur terbaru sudah support Android. KelebihanDirancang khusus dengan fitur beragam untuk usaha restoranMemiliki sistem inventory yang mudah digunakan.Kombinasi fitur manajemen kasir dan akuntansi yang pas untuk usaha restoran. KekuranganTidak ada daftar harga, butuh panduan proses instalasi. Fitur unggulanFitur yang dapat mengelola arus kas keuangan restoran dan rumah makan termasuk manajemen stok bahan mnetah untuk menjaga kelancaran operasional restoran. 16. Ravintola Aplikasi akuntansi restoran berbasis cloud yang menawarkan pencatatan transaksi restoran secara otomatis, laporan keuangan mendetail, serta manajemen stok yang membantu dalam pengelolaan bahan baku. Selain itu, Ravintola juga memiliki fitur manajemen pelanggan, seperti sistem poin dan diskon, untuk meningkatkan loyalitas konsumen. KelebihanReservasi dengan mudah melalui terminal POS.Dapat akses melalui perangkat mobile seperti tablet.Memiliki pengelolaan menu dan promo. KekuranganMembutuhkan sistem akuntansi yang lebih lengkap. Fitur unggulanSistem yang mudah dipahami sangat cocok untuk UKM dan usaha kecil, sebuah aplikasi kasir yang siap mempermudah akuntansi usaha FnB yang Anda kelola. 17. Square POS Sebagai salah satu sistem POS terpopuler, Square POS menawarkan fitur akuntansi yang mencatat transaksi secara otomatis, menghasilkan laporan keuangan, serta mengelola inventaris bahan baku. Dengan label pelayanan dari “pemesanan hingga pengambilan”, Square mempermudah dan mempercepat transaksi restoran dan usaha FnB bekerja. KelebihanAntarmuka yang mudah digunakan, bahkan bagi pengguna tanpa latar belakang teknologi.Sistem berbasis cloud memungkinkan akses ke data keuangan kapan saja melalui dashboard.Memiliki fitur untuk pemesanan meja secara online. KekuranganTidak semua fitur akuntansi selengkap software akuntansi khusus. Fitur unggulanIntegrasi pemesanan online memungkinkan restoran menerima pesanan untuk pickup atau pengiriman melalui situs web khusus tanpa biaya bulanan, memperluas jangkauan layanan kepada pelanggan. Sistem membantu mempermudah perhitungan akuntansi keuangan usaha restoran. Tips memilih software akuntansi restoran Perlu diperhatikan, software akuntansi restoran sangat erat dengan kegiatan operasional keuangan restoran, pastikan yang dipilih setidaknya memiliki beberapa fitur yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah usaha restoran. Berikut 10 fitur yang layak di pertimbangan saat akan membeli software akuntansi restoran: Integrasi dengan sistem POS (Point of Sale) untuk sinkronisasi otomatis transaksi penjualan ke proses akuntansi dan pembukuan keuangan. Manajemen stok & bahan baku agar penggunaan bahan dapat terkontrol. Pencatatan pendapatan dan pengeluaran untuk mengontrol arus kas restoran. Pelacakan laba rugi keuangan restoran guna mengetahui keuntungan bisnis secara akurat. Manajemen pajak dan pelaporan keuangan untuk memastikan kepatuhan terhadap pemerintah. Otomasi pembayaran tagihan kepada supplier agar operasional usaha restoran tetap lancar. Forecasting dan analisis keuangan untuk memprediksi tren penjualan dan kebutuhan stok. Manajemen multi-cabang agar semua outlet dapat dipantau dalam satu sistem. Akses berbasis cloud sehingga pemilik dapat memantau bisnis dari mana saja. Software akuntansi online Mekari Jurnal dilengkapi beragam fitur yang mempermudah operasional restoran dan rumah makan yang Anda kelola, ribuan usaha sudah menggunakan Mekari Jurnal sebagai sistem untuk mengelola akuntansi keuangan perusahaan mereka. Coba gratis Mekari Jurnal